10 Manfaat Bawang Merah: Hilangkan Uban, Mengatur Gula Darah, Mengurangi Resiko Kanker, Apalagi?

by -
10 Manfaat bawang merah

10 Manfaat Bawang Merah: Hilangkan Uban, Mengatur Gula Darah, Mengurangi Resiko kanker, Apalagi?

SEMANGATNEWS.COM – Dalam artikel ini terdapat manfaat bawang merah yang bisa anda aplikasikan untuk kesehatan dan perawatan.

Bawang merah, siapa yang tidak kenal dengan salah satu bumbu masak yang satu ini.

Bawang merah biasanya digunakan sebagai bumbu hampir disetiap masakan khas Indonesia..

Apakan Anda tahu apa saja manfaat bawang merah bagi kesehatan?

Nah, berikut beberapa manfaat bawang merah yang telah Semangatnews.com rangkum untuk Anda,

Menjaga Kesehatan Jantung

Yang pertama, manfaat bawang merahaadalah mendukung kesehatan jantung dengan menurunkan tekanan darah.

Sebuah penelitian pada 2002 yang dimuat di jurnal Thrombosis Research menunjukkan, sulfur pada bawang merupakan komponen yang berpengaruh pada kesehatan jantung.

Memiliki Efek Antialergi

Dalam sebuah penelitian tahun 2019 yang dipublikasikan di Pubmed menunjukkan bukti bahwa bawang merah memiliki efek antialergi.

Dalam penelitian uji klinis acaknya, penelitian ini menyimpulkan bahwa suplementasi oral bawang merah dikombinasikan dengan obat cetirizine memberikan efek penyembuhan yang lebih baik dibandingkan dengan obat tunggal.

Menurut University of Maryland Medical Center, zat kuersetin pada bawang dapat mengurangi reaksi alergi dengan menghentikan tubuh memproduksi histamin.

 

Bagus untuk kulit

Dibalik rasanya yang nikmat, bawang merah juga rupanya dapat membuat kulit menjadi kencang dan tampak awet muda.

Selain itu, vitamin A, C, dan K yang ada di dalamnya mampu menjadikan kulit bercahaya, membantu menghilangkan pigmentasi di kulit wajah dan tubuh, tetapi juga melindungi dari sinar UV yang berbahaya.

Adapun cara memakai bawang merah pada kulit adalah dengan mencuci muka dengan air rendaman bawang merah.

Sedangkan, jika ingin mengatasi gigitan serangga pada kulit, Moms bisa mengoleskan bawang merah ke tempat gigitan serangga.

Kandungan bawang merah akan meredakan gatal dan nyeri akibat gigitan nyamuk, lebah, atau serangga lainnya.

Menumbuhkan rambut

Tak hanya mengandung vitamin, bawang merah juga memiliki sulfur.

Dalam hal ini, sulfur berguna untuk menstimulasi produksi kolagen yang memicu pertumbuhan rambut.

Bukan cuma itu, bawang merah pun dapat mencegah kerontokan rambut.

Untuk mendapatkan khasiat ini, dianjurkan menggunakan masker bawang merah pada rambut dan didiamkan 15 menit sebelum keramas.

Menghilangkan Uban

Bawang merah kaya akan enzim yang disebut katalase. Enzim ini mampu menetralkan hidrogen peroksida dan mengembalikan warna hitam pada rambut. Inilah yang membuat bawang merah sangat efektif untuk mengatasi permasalahan uban.

Caranya, siapkan beberapa siung bawang merah. Sesuaikan jumlahnya kira-kira sesuai kebutuhan panjang rambut.

Kupas bawang merah lalu potong dengan bentuk dadu. Selanjutnya masukkan ke dalam mixer untuk membentuk pasta bawang merah. Tambahkan 1 perasan lemon ke dalam pasta bawang merah tersebut untuk hasil yang lebih baik.

Lalu, aduk rata dan gunakan campuran ini pada rambut dan kulit kepala setiap malam

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Manfaat bawang merah berikutnya adalah meningkatkan imunitas. Ya, polifenol dalam bawang berfungsi sebagai antioksidan untuk memproteksi tubuh dari radikal bebas.

Menghilangkan radikal bebas berarti bisa membantu meningkatkan dan menjaga daya tahan dan kekebalan tubuh.

Memperbaiki Sistem Pencernaan

Bawang merah mengandung serat sehingga membantu proses pencernaan. Buang air besar pun bisa berlangsung teratur. Tak hanya itu, bawang merah juga mengandung jenis serat larut khusus, oligofruktosa, untuk mendorong tumbuhnya bakteri baik di usus.

Sebuah studi pada 2005 di Clinical Gastroenterology and Hepatology juga menemukan, oligofruktosa bisa membantu mengobati serta mencegah diare.

Mengatur Gula Darah

Kromium yang ada di dalam bawang berpotensi membantu pengaturan gula darah. Sementara itu, sulfur bisa bantu menurunkan kadar gula darah dengan memicu produksi insulin.

Penelitian di jurnal Environmental Health Insights pada 2010 mengungkap, manfaat bawang merah juga berpotensi membantu penderita diabetes.

Orang dengan diabetes tipe 1 dan tipe 2 yang mengonsumsi bawang merah menunjukkan kadar glukosa yang lebih rendah hingga 4 jam.

Selanjutnya, analisis pada 2014 di jurnal Nutrition menemukan, penderita diabetes tipe 2 punya kadar gula darah yang lebih rendah saat makan bawang.

Kepadatan Tulang

Studi yang dimuat di jurnal Menopause pada 2009 mengungkapkan, mengonsumsi bawang setiap hari berpotensi meningkatkan kepadatan tulang pada wanita menopause.

Wanita yang mengonsumsi bawang merah juga memiliki risiko patah tulang pinggul sekitar 20 persen lebih rendah dibanding orang yang tak pernah makan bawang.

Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat bawang merah untuk kesehatan berikutnya adalah sebagai pencegahan kanker. Zat kuersetin yang terdapat pada bawang kemungkinan merupakan agen antikanker yang baik.

Senyawa tersebut dapat menghambat sel kanker pada payudara, usus besar, prostat, endometrium, dan paru-paru.

Komponen ini dapat menghentikan kanker dengan beberapa mekanisme, seperti menginduksi apoptosis (kematian sel kanker), menjaga siklus sel, dan lain-lain.

Selain itu, kandungan antioksidan dalam bawang merah serta tumbuhan genus Allium lainnya dapat berperan pada berbagai tahap pembentukan, pertumbuhan, diferensiasi, dan metastasis sel kanker.

Hipotesis ini disebutkan dalam studi oleh Asemani Y et al tahun 2019 yang dipublikasi di Pubmed.

 

Nah, itulah manfaat bawang merah yang bisa anda aplikasikan dalam kehidupan.

 

Sumber: klikdokter.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.