Wako Riza Falepi Harapkan PERTI Jadi Pionir Dalam Kebangkitan Islam

by -

Semangat Payakumbuh-Walikota Payakumbuh Riza Falepi menghadiri acara pelantikan Pengurus Cabang Persatuan Tarbiyah Islamiyah (PERTI) Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota. Meski dihelat di Kompleks Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI) Tabek Gadang Nagari Padang Jopang Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota, hal itu tidak menghalangi niat baik Walikota Payakumbuh untuk hadir dan bersilaturahmi dengan warga PERTI, minggu, (11/2)

Turut hadir bersama Walikota, Ketua DPD PERTI Sumatera Barat Prof. Syofiarma Marsidin, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh Asra Faber, Ketua MUI Kota Payakumbuh Mismardi, Kepala MTI Tabek Gadang Mulyadi, serta tokoh masyarakat setempat.

Walikota Payakumbuh dalam sambutannya mengajak warga PERTI untuk berkontribusi bagi pembangunan negara khususnya di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota. “Mari perlihatkan bahwa kita umat Islam bisa memberi kontribusi terbaik untuk negara seperti dulu pernah dilakukan oleh para pendiri PERTI,” ujar Wako Riza.

Dikatakan, peradaban dunia sesungguhnya harus berada dalam genggaman umat Islam. “Kemajuan ilmu pengetahuan dunia berkembang saat Peradaban Islam, dulu pusat ilmu itu ada di dunia Islam seperti Kota Baghdad Irak dan Cordoba di Spanyol, mari kita bangkit kembali sebagai mana tema acara ini Mambangkik Batang Tarandam”, ajak Riza.

Walikota percaya PERTI bisa menjadi pionir dalam kebangkitan dunia Islam. “Kebangkitan Islam itu Insyaa Allah akan dimulai dengan lahirnya generasi generasi unggul yang dicetak oleh sekolah sekolah berbasis Islam seperti MTI Tabek Gadang ini, apalagi tokoh pendiri PERTI adalah ulama Tabek Godang yang bernama Syekh Abdul Wahid Tabek Gadang,” terang Wako Riza.

Riza berharap pengurus cabang PERTI Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota terpilih mampu meneruskan cita-cita para pendiri PERTI.

“Fokus perjuangan PERTI adalah memajukan sekolah dan pendikan Islam, kami siap bersinergi dengan pengurus terpilih untuk sama-sama memajukan dunia pendidikan kita,” pungkas Wako Riza Falepi.

PERTI sendiri merupakan organisasi yang didirikan oleh ulama tiga serangkai yaitu Syekh Sulaiman Arrasuli Candung, Syekh Muhammad Djamil Djaho Padang Panjang dan Syekh Abdul Wahid Tabek Gadang Payakumbuh di suatu pesantren terkenal di Candung, dekat Bukittinggi, pada tanggal 20 Mei 1930.

Terpilih sebagai Ketua DPC PERTI Kota Payakumbuh Mustafa, MA, sementara Zulkifli Dt. Rajo Mangkuto terpilih sebagai Ketua PERTI Kabupaten Lima Puluh Kota. Keduanya dilantik oleh Ketua DPD PERTI Sumatera Barat Prof. Syofiarma Marsidin disaksikan oleh Walikota Payakumbuh dan para undangan yang hadir. (jn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.