Pemko Dumai Studi Tiru Pelaksanaan Perencanaan Dan Keuangan Ke Kota Payakumbuh

by -

SEMANGATNEWS.COM – Pemerintah Kota Payakumbuh yang diwakili Asisten II Elzadaswarman didampingi oleh Kepala Bagian Perencanaan Anggaran Wawan Sofianto menerima kunjungan kerja dari Pemerintah Kota Dumai di Aula Randang kantor Wali Kota Payakumbuh, Jumat(26/11)

Kunjungan Pemerintah Kota Dumai ke Payakumbuh yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kota Dumai Indra Kurniawan didampingi Asisten II, Asisten III dan Kabag Keuangan dalam rangka bertukar informasi terkait pelaksanaan perencanaan dan keuangan Sekretariat Daerah.

Di awal sambutannya, Asisten II Elzadaswarman mengucapkan selamat datang, dan semoga kunjungan dari Pemerintah Kota Dumai ini menjadi sebuah pertemuan yang dapat saling bertukar ilmu untuk kepentingan dan kemajuan bagi daerah masing-masing.

“Selamat datang kepada Sekda Kota Dumai beserta rombongan, semoga dalam kunjungan hari ini dapat saling bertukar informasi dan membawa kemajuan bagi daerah masing-masing,” Ujarnya

Ada beberapa poin yang menjadi bahan pertanyaan dan diskusi, antara lain terkait dengan pengelolaan sistem integrasi elektronik kota Payakumbuh, terkait pengaturan dalam penerapan sistem pemerintah berbasis elektronik yang ada di Kota Payakumbuh.

Elzadaswarman yang akrab disapa Om Zet itu mengatakan Pemerintahan Kota Payakumbuh yang dipimpin oleh Riza Falepi telah menyusun dan mengelola APBD Kota Payakumbuh dengan sangat baik yang mengutamakan kepada pelayanan publik dan infrastruktur

“Payakumbuh ini adalah kota yang kecil dan memiliki APBD yang minim namun wali kota selalu memaksimalkan APBD yang kecil ini dengan sebaik-sebaiknya demi meningkatkan pelayanan dan infrastruktur kota, terutama untuk pelayanan yang berbasis elektronik,” ujar Om Zet

Senada, Kepala Bagian Perencana Anggaran Kota Payakumbuh Wawan Sofianto mengatakan Kota Payakumbuh memiliki sistem informasi dalam menjalankan pemerintahannya yaitu SiKopay yaitu Sistem Informasi Kota Payakumbuh. Pelaksanaan Sistem Informasi bertujuan agar pelaksanaan keuangan dan penggunaan anggaran nenjadi transparan. Selain itu Pemerintah Kota Payakumbuh juga memiliki E-SPPD, E-Kinerja dan banyak sistem Informasi berbasis elektronik lainnya yang membantu efektifitas kerja Pemko Payakumbuh.

“Pemerintah Kota Payakumbuh memiliki Sistem Informasi yang transparan dalam pengelolaan kegiatannya. Tak hanya E-SPPD dan E-Kinerja, Masih banyak sistem informasi lainnya yang membantu efektifitas kerja Pemko Payakumbuh,” Ujar Wawan

Sekretaris Daerah Kota Dumai Indra Kurniawan menjelaskan pihaknya melakukan kunjungan kerja ke Kota Payakumbuh untuk berdiskusi dan belajar perihal penerapan sistem elektronik di pemerintahan Kota Payakumbuh, dimana baginya sebagai kota yang mendapat APBD minim, Payakumbuh bisa memanfaatkan seluruh anggaran belanja tersebut dengan maksimal.

“Kota Payakumbuh sangat baik dalam mengelola APBD seperti untuk infrastruktur, pelayanan masyarakat, dan kesehatan, inilah yang membuat kami ingin belajar dan melakukan diskusi ke sini, Semoga dengan kunjungan dan sharing informasi kali ini saya beserta rombongan dapat melakukan pengelolaan anggaran serta sistem informasi yang baik juga untuk kemajuan Kota Dumai Kedepannya” Pungkas Indra.(07)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.