2 Cara Download Sertifikat Vaksin Tahap 1 dan 2 di Peduli Lindungi.id

by -

SEMANGATNEWS.COM – Di bawah ini terdapat cara mengunduh sertifikat vaksin covid-19 melalui PeduliLindungi.id dan aplikasi PeduliLindungi.

Seperti yang kita ketahui pada masa PPKM yang telah diberlakukan di sebagian besar wilayah Indonesia, ada beberapa syarat mutlak yang harus dimiliki oleh seseorang untuk melakukan perjalanan ke luar kota. Seperti sertifikat vaksin yang harus dimiliki.

Untuk itu, ada langkah mudah untuk mendapatkan sertifikat vaksin yaitu melalui aplikasi PeduliLindungi.

Apa itu Peduli Lindungi?

PeduliLindungi merupakan aplikasi yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran COVID-19 (Coronavirus Disease 19)

Melansir situs PeduliLindungi, Aplikasi ini mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat dilakukan.

Pengguna aplikasi ini juga akan mendapatkan notifikasi jika berada di keramaian atau berada di zona merah, yaitu area atau kelurahan yang sudah terdata bahwa ada orang yang terinfeksi COVID-19 positif atau ada Pasien Dalam Pengawasan

Nah bagaimana cara download sertifikat vaksin Tahap 1 dan 2 di aplikasi Peduli Lindungi? Ikuti langkah-langkah berikut:

Cara Download Sertifikat Vaksin Tahap 1 dan 2 di PeduliLindungi.id

Sebenarnya ada 2 cara untuk download sertifikat vaksin yang telah dilakukan, yaitu:

  1. Via situs web resmi PeduliLindungi.id
  2. Via Aplikasi PeduliLindungi yang dapat di unduh di Playstore

Ikuti langkah berikut:

1. Via situs web resmi PeduliLindungi.id

  • Buka laman Pedulilindungi.id, lalu di bagian kanan atas layar terdapat menu ‘Login/Register’.
  • Bagi yang belum memiliki akun, buat akun terlebih dahulu. Untuk masyarakat yang sudah punya akun dapat pilih menu ‘Login Sekarang’.
  • Masukkan nomor ponsel dan klik ‘Login Sekarang’, setelah itu akan masuk ke akun tersebut.
  • Klik nama akun, di dalamnya terdapat sejumlah pilihan menu dan pilih Sertifikat.
  • Di sana dapat mengecek dan juga mengunduh sertifikat, pilih Sertifikat Vaksin.
  • Sertifikat Vaksin yang tertera di sana bergantung pada jumlah dosis yang diterima.
  • Jika sudah melakukan vaksinasi lengkap maka akan tersedia dua sertifikat.
  • Pilih sertifikat yang diinginkan dan lanjutkan dengan tekan ‘Unduh Sertifikat’ untuk download.

2. Via Aplikasi Peduli Lindungi

  • Aplikasi Peduli Lindungi tersedia di App Store dan Play Store, jika belum memilikinya, pasang aplikasinya terlebih dulu
  • Setelah selesai, masuk ke dalam aplikasi. Jika sudah memiliki akun tekan tombol Login dan jika belum pilih ‘Register’
  • Di sana akan diminta memasukkan informasi yakni nama lengkap, NIK dan nomor ponsel. Lalu akan ada One Time Password atau OTP yang masuk melalui SMS, masukan kode tersebut
  • Pilih menu Paspor Digital, pilih nama untuk memunculkan sertifikat vaksin. Tekan tombol ‘Unduh‘ untuk mendownload dan menyimpannya di smartphone anda

Nah demikian langkah mudah untuk download sertifikat vaksin tahap 1 dan 2 melaluui Peduli Lindungi.

Cara Kerja PeduliLindungi

1. Membantu Pelacakan dan Menghentikan Penyebaran Covid-19

Pada saat Anda mengunduh PeduliLindungi, sistem akan meminta persetujuan Anda untuk mengaktifkan data lokasi. Dengan kondisi lokasi aktif, maka secara berkala aplikasi akan melakukan identifikasi lokasi Anda serta memberikan informasi terkait keramaian dan zonasi penyebaran COVID-19.

Dengan mengaktifkan lokasi, Anda akan membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).

Hasil tracing ini akan memudahkan pemerintah untuk mengidentifikasi siapa saja yang perlu mendapat penanganan lebih lanjut agar penghentian penyebaran COVID-19 dapat dilakukan. Sehingga, semakin banyak partisipasi masyarakat yang menggunakan aplikasi ini, akan semakin membantu pemerintah dalam melakukan tracing dan tracking.

2. Informasi Zonasi dan Notifikasi Keramaian

Anda akan mendapatkan infomasi area zonasi persebaran COVID-19 (merah, kuning, hijau) sesuai dengan lokasi yang Anda pilih dan mendapatkan notifikasi jika Anda berada di keramaian.

PeduliLindungi sangat memperhatikan kerahasiaan pribadi Anda. Data Anda disimpan aman dalam format terenkripsi dan tidak akan dibagikan kepada orang lain. Data Anda hanya akan diakses bila Anda dalam risiko tertular COVID-19 dan perlu segera dihubungi oleh petugas kesehatan.

3. Pemeriksaan Kesehatan

Jika Anda memerlukan bantuan tenaga kesehatan, Anda bisa menggunakan fitur Teledokter untuk melakukan pemeriksaan kesehatan mandiri dan berkonsultasi dengan tenaga kesehatan terkait kondisi kesehatan Anda.

Semoga bermanfaat

(SN)

**berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.