25 Pecinta Alam Tiga Provinsi Latihan Gabungan di Padang Panjang

by -

SEMANGATNEWS.COM – Sebanyak 25 pecinta alam (PA) dari Sumbar, Riau, Jambi mengikuti Latihan Gabungan Teknik Dasar Gunung Hutan di Padang Panjang. Kegiatan ini digelar KNPI Padang Panjang dan Korwil PA Sumbar.

Ketua KNPI, Andi Arianto saat pembukaan kegiatan di Amphiteater PDIKM, Rabu (17/3) menyebutkan, kegitaan ini bertujuan untuk memberi edukasi dan menimalisir kemungkinan risiko sebelum menjadi survivor.

“Materi yang akan diberikan di antaranya filosofi pencinta alam, manajemen perjalanan, manajemen perbekalan dan peralatan, navigasi darat, ilmu iklim, medan dan penaksiran, kesehatan perjalanan, P3K praktis, pengantar survival, dan botani zoologi praktis,” jelasnya.

Andi juga menyebutkan, 25 peserta akan belajar bersama hingga 20 Maret mendatang. “Pelaksanaan latihan ini, juga disupport BPBD, Damkar, PMI, Orari dan Tagana,” sebutnya.

Ketua KNPI Padang Panjang, Andi Arianto menyampaikan, kegitaan ini bertujuan untuk memberi edukasi dan menimalisir kemungkinan resiko sebelum menjadi survivor. “eduksasi matreri yang akan diberikan seperti, filosofi pencinta alam, manajemen perjalan, manajemen perbekalan dan peralatan, navigasi darat, ilmu iklim, medan dan penaksiran, kesehatan perjalanan P3K praktis, pengantar survival, dan bootani zologi praktis,” jelasnya.

Andi juga menyebutkan, sebanayak 25 orang yang akan mengikuti latihan tersebut, yang berasal dari organisasi pencinta alam Sumbar, Riau, Jambi yang dilaksanakan mulai tanggal (17/3) sampai dengan (20/3). Dalam pelakasaan latihan juga disupport oleh BPDB, DAMKAR, PMI, Orari, dan Tagana.

Kabid Pemuda Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar), Fahmi, S.Th.I, MA yang membuka acara bersama Plt. Kepala BPBD Kesbangpol, Ir. Zulheri, MM mengucapkan terima kasih kepada Korwil PA Sumbar dan KNPI yang telah mempercayai Padang Panjang yang terkenal dengan Tri Arga-nya (Gunung Marapi, Gunung Singgalang, dan Gunung Tandikek) sebagai tempat latihan gabungan ini.

Turut hadir dalam acara pembukaan ini Lurah Silaing Bawah, Deddy Adrian, SH dan senior-senior organisasi PA lainnya. (Eti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.