3 Warga Hilang di Perairan Gosong Gadang Masih Dalam Pencarian

by -
Ilustrasi

Basarnas Koordinasi Kelompok Nelayan Sumbar

Semangat Padang – Pencarian terhadap tiga warga yang statusnya masih dinyatakan hilang paska kecelakaan laut di Pulau Gosong Gadang, Padang, Minggu (25/6) hingga ke perairan Pesisir Selatan.

Para korban sebelumnya disebutkan Ridwan Gazali, Yudi Trianda dan Sandri Sanie. Tim gabungan hingga kemarin, (25/6) masih terus melakukan pencarian. “Hari ini pencarian masih terus kami lakukan dibantu instansi terkait lainnya, namun hingga pukul 16.00 WIB belum membuahkan hasil,” kata Kepala Basarnas Padang, Asnedi, kemarin.

Selain menerjunkan personil juga mengerahkan alat utama untuk pencarian korban. Sejumlah pulau juga disisir untuk mengindetifikasi para korban. “Kami juga menyisir pulau hingga ke perairan Pesisir Selatan, namun belum membuahkan hasil,” ujarnya.

Memaksimalkan pencarian korban Ridwan Gazali, yang menyelamatkan para pemancing. Serta kedua pemancing, Yudi Trianda dan Sandri Sanie. Basarnas berkoordinasi dengan Ketua Nelayan Sumbar dalam upaya pencarian para korban.

“Kemarin, kami telah menerjunkan satu helikopternya untuk mencari keberadaan korban. Namun, pencarian hanya dilakukan sebentar karena cuaca buru di tengah laut,” tukuknya.

10 Pemancing dan 3 Kru Kapal Terhempas Gelombang

Sebelumnya, diberitakan bahwa sebuah kapal yang berisikan 10 pemancing dan Tiga orang kru kapal, dilaporkan terhempas gelombang pasang di perairan Gosong Gadang, Kota Padang, Sumatera Barat.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Padang menyebutkan, kapal itu dilaporkan hilang pada Minggu kemarin sekira pukul 17.00 WIB. Hingga kini, tim, rescue masih berupaya mencari keberadaan 10 pemancing dan Tiga orang kru kapal tersebut.

“Laporan kita terima kemarin sore. Tim sudah bergerak ke lapangan,” kata Kepala Kantor dan Pertolongan Kelas A Padang Asnedi, Senin 22 Juni 2020.

Menurut Asnedi unsur tim yang terlibat operasi ini antara lain, Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Padang, Pol Air Sumatera Barat, Satril Lanal Padang, BPBD Padang dan, perkumpulan nelayan.

Kondisi di lapangan saat ini, lanjut Asnedi berawan dengan suhu berkisar antara 22° hingga 27° Celcius dengan kelembaban 70 sampai 90 persen.

Berikut Daftar Korban :

Efendi muslim
Mas rono
Fikram
Surano
Kompoy
Adi
Ari
Ihsan
Yudi
Belum terdata
Dayat
Belum terdata
Yunaidi yusi

Tim SAR Temukan 10 Orang

Sementara itu, Asnedi menyebutkan, tim SAR gabungan saat ini sudah menemukan Sembilan dari total 13 korban kapal nahas yang dihempas gelombang pasang pada Minggu sore kemarin.

Tujuh diantaranya, kata dia, sedang dalam perjalanan menuju dermaga bungus menggunakan kapal KN SAR yudhistira SAR 227 dan dua korban lainnya, sudah berada di puskesmas Bungus.

“Sudah Sembilan yang kita temukan. Enam korban ditemukan pukul 07.55 WIB dan Tiga lagi pukul 08.10 WIB. Ditemukan sedang mengapung di bangkai Kapal. Sekitar 10 kilometer dari lokasi kejadian,” kata Asnedi, Senin 22 Juni 2020.

Dengan demikian kata Asnedi, masih ada Empat korban lagi yang belum berhasil ditemukan. Dan saat ini Tim sedang berupaya mencari keberadaan Keempat korban tersebut dilengkapi dengan kapal pencari KN SAR yudhistira SAR 227.(and)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.