500 Ruang Kelas Baru Program Unggulan Hendri Septa Tuntas Tahun 2024

by -

500 Ruang Kelas Baru Program Unggulan Hendri Septa Tuntas Tahun 2024

SEMANGATNEWS.COM-Wali Kota Padang Hendri Septa, B.Bus.,MIB memastikan bisa menuntaskan pembangunan 500 Ruang Kelas Baru (RKB) menjelang berakhir masa periodenya tahun 2024 mendatang. 500 unit RKB adalah program unggulan (Progul) yang merupakan janji Hendri Septa kepada masyarakat saat kampanye dulu.

“Keberadaan RKB SD dan SMP di Kota Padang adalah kebutuhan pendidikan anak-anak kita, karena itu menjadi prioritas saya. Insya Allah sekarang sudah lebih separuh RKB terbangun, sisanya Insya Allah selesai tahun 2024,” kata Hendri Septa dalam pertemuan dengan beberapa Pemimpin Redaksi media, Senin (2/2/2023) malam.

Menurut Hendri Septa, sampai akhir tahun 2022 sudah selesai dibangun 229 unit RKB di hampir semua kecamatan di Kota Padang. Tahun 2023 ini akan dibangun lagi 150 RKB untuk SD dan SMP. Sisanya sebanyak 121 RKB lagi akan tuntas dibangun Pemko Padang pada tahun 2024.

“Sebagai janji kampanye kami dulu waktu maju sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota dengan Buya Mahyeldi, 500 RKB adalah kewajiban yang harus ditunaikan. Insya Allah sebelum periodesasi kami berakhir tahun 2024, sebanyak 500 RKB itu sudah tuntas seluruhnya,” ujar Hendri Septa optimis.

Sejak 2020 dan tahun 2021 lalu, upaya merealisasikan Porgul 500 RKB itu sudah dimulai dengan memanfaatkan APBD Kota Padang. Tahun 2022 lalu, saat APBD Padang tersedot oleh penanganan Covid-19, Wali Kota Hendri Septa meminjam dana kepada Kementerian Keuangan sebesar Rp57,6 miliar untuk meneruskan program pembangunan RKB. Dari dana program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) itu, dapat pula dibangun sebanyak 109 unit RKB.

Pembangunan 500 RKB adalah satu dari 11 Program Unggulan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang periode 2019-2024. Progul lainnya diantaranya melanjutkan betonisasi jalan lingkungan, pengembangan kawasan terpadu Gunung Padang, penataan transportasi umum Trans Padang, pembangunan pusat kreatifitas pemuda Youth Center, melanjutkan Pesantren Ramadhan, membangun kampung tematik, meningkatkan dana stimulan kecamatan hingga Rp1 miliar dan meningkatkan kemudahan berusaha di Kota Padang.

Demi merealisasikan semua Progul, Hendri Septa memang menekankan pada seluruh OPD untuk fokus, sehingga tuntas dalam periode kepemimpinannya. Beberapa kegiatan yang tidak prioritas terpaksa ditunda demi Progul. “Saya fokus pada Progul karena semua itu merupakan harapan warga Kota Padang yang disampaikan kepada kami pada waktu maju sebagai pemimpin kota ini,” kata Hendri Septa.

Pertemuan Wali Kota Padang Hendri Septa dengan Pemimpin Redaksi itu diikuti Heranof Firdaus (Pemred Minang Satu), Zulnadi (SemangatNews), Gusfen Khairul (PilarbangsaNews), Eko Yance Edrie (Harian Khazanah), Nofrialdi Nofi Sastera (Majalah Intrust), Charles Zein (Singkron.Com), Yusrizal Kawe (Penggiat Literasi dan Sosial) dan Muhammad Farouk (Peneliti dan Penggiat IT). Sebelum diskusi diawali dengan sholat Isya berjemaah dan makan malam. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.