73,8 Juta Orang Indonesia Sudah Divaksin COVID-19, Lebih dari Sepertiga Sasaran

by -
Ilustrasi vaksinasi covid-19.
Ilustrasi vaksinasi covid-19. (Foto: Freepik)

SEMANGATNEWS.COM – Sebanyak 73,8 juta orang Indonesia tercatat telah mendapatkan setidaknya 1 suntikan vaksin COVID-19.

Dengan demikian program vaksinasi nasional telah menjangkau sepertiga sasaran vaksinasi.

Pemerintah memastikan akan terus berkomitmen untuk memperkuat pasokan serta mempercepat vaksinasi secara nasional.

Berdasarkan data hingga Senin (13/9/2021) pukul 18.00 WIB, dari 73,8 juta penerima vaksin COVID-19, 42,32 juta orang di antaranya telah mendapatkan dua kali suntikan vaksin COVID-19.dosis suntikan lengkap.

Dengan demikian, program vaksinasi nasional telah menjangkau 35,45% target vaksinasi secara nasional, yakni 208,26 juta sasaran.

“Sudah lebih dari sepertiga sasaran vaksinasi yang mendapatkan dosis pertama vaksin COVID-19. Hal ini merupakan buah dari kerja sama semua pihak, termasuk masyarakat luas.”

“Pemerintah mengharapkan kerja sama ini bisa terus diperkuat sehingga cakupan vaksinasi bisa lebih maksimal,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate, Senin (13/9/2021).

Berkat capaian tersebut, Indonesia menjadi negara dengan realisasi penyuntikan vaksin terbanyak ke-4 di Asia, hanya tertinggal dari Tiongkok, India dan Jepang.

Menkominfo Johnny memastikan pemerintah berkomitmen penuh untuk terus melanjutkan percepatan vaksinasi hingga target 208 juta suntikan dapat tercapai.

“Pemerintah berkomitmen untuk terus mempercepat dan memperkuat pelaksanaan program vaksinasi nasional. Keberhasilan program ini sangat berperan penting dalam keberhasilan pengendalian pandemi dan proses transmisi menuju endemi di Indonesia. Tentunya, vaksinasi ini tetap harus dengan penerapan protokol kesehatan secara disiplin,” jelasnya.

Menkominfo Johnny mengungkapkan berdasarkan perkembangan vaksinasi hingga saat ini, pemerintah akan berfokus untuk menggenjot vaksinasi untuk kelompok lansia dan remaja.

Tercatat, realisasi vaksinasi untuk kelompok masyarakat lansia baru mencapai 26,43% untuk dosis 1 dan 18,73% untuk dosis 2. Sementara itu, realisasi vaksinasi kelompok remaja mencapai 11,83% untuk dosis 1 dan 8,12% untuk dosis 2.

Menkominfo Johnny menjelaskan, vaksinasi untuk kelompok lansia sangat penting karena kelompok tersebut memiliki tingkat kematian akibat COVID-19 cukup tertinggi.

Di sisi lain, vaksinasi untuk kelompok masyarakat usía 12-17 tahun juga perlu dipercepat untuk mendukung kelancaran Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas secara aman.

Menkominfo Johnny menegaskan bahwa pemerintah terus berupaya keras agar target vaksinasi 2 juta dosis per hari dapat tercapai.

Untuk mencapai angka tersebut, diperlukan dukungan dari semua pihak, khususnya masyarakat umum, agar mau divaksin untuk melindungi diri sendiri, keluarga, dan orang-orang di sekitar.

“Ayo segera lakukan vaksinasi, bagi yang belum. Sementara bagi yang sudah divaksin, jangan ragu untuk ajak orang tua, keluarga, sanak saudara, dan orang di lingkungan sekitar untuk sama-sama peduli dan melindungi dengan mengikuti vaksinasi,” ajak Menkominfo. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.