Aristo Munandar; Bencana Datang Tanpa Rencana, Namun Perencanaan Tetap Diperlukan

by -

Aristo Munandar; Bencana Datang Tanpa Rencana, Namun Perencanaan Tetap Diperlukan

SEMANGATNEWS, Padang-Membuat rencana yang matang dan presisi untuk menghadapi berbagai bencana terutama gempa dan tsunami di Sumatera Barat pada tahun-tahun mendatang, adalah sangat penting.
Apalagi bagi PMI yang senantiasa terkait dalam semua penanggulangan bencana di berbagai daerah.

Ketua PMI Provinsi Sumatera Barat, Aristo Munandar mengatakan saat pembukaan Lokakarya Review Rencana Kontijensi Bencana Gempa dan Tsunami PMI Sumbar hari ini di hotel Mariani, Padang.
Katanya, bagi PMI perencanaan itu penting agar tidak terjadi kekisruhan pelaksanaan penanggulangan bencana yang diperankan PMI di tahun-tahun mendatang.

Bencana, menurut Aristo datang setiap waktu dan tidak pernah bisa diprediksi sebelumnya.

“Apalagi kini tanpa kita duga sebelumnya ada bencana non-alam seperti pandemi Covid-19 yang melanda dunia,” ujarnya.

Rencana yang matang, akan membuat praktik penanggulangan menjadi lebih pas atau mendekati kondisi yang sebenarnya pada saat bencana tiba.

“Rencana yang baik adalah bagian dari pelaksanaan yang baik. Syukurlah, PMI Sumbar mendapat dukungan penuh dari Pemprov dan DPRD Sumbar berupa budgeting dana hibah dari APBD Sumbar,” katanya.

Lokakarya Review Rencana Kontijensi Bencana Gempa dan Tsunami PMI Provinsi Sumatera Barat ini dilaksanakan selama empat hari hingga 13 November 2020 di hotel Mariani, Padang.

Kepala Markas PMI Sumbar Hidayatul Irwan menyebutkan, peserta lokakarya ini berasal dari utusan PMI Kabupaten/Kota dan para relawan. Sejumlah narasumber dari BPBD Sumbar, Unand, BMKG akan tampil dalam sesi pertama di hari pertama.**

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.