RENCANA PEMBANGUNAN MASJID AT TABAYYUN TVM DAPAT DUKUNGAN DARI “BANG JAPAR”

by -

RENCANA PEMBANGUNAN MASJID AT TABAYYUN TVM DAPAT DUKUNGAN DARI “BANG JAPAR”

SEMANGATNEES.COM- Dukungan terhadap pembangunan Masjid At Tabayyun di komplek perumahan Taman Villa Meruya, Jakarta barat, terus mengalir. Rencana pembangunan masjid di komplek yang penduduknya mayoritas Non Muslim sebulan terakhir ini menyita perhatian masyarakat. Pasalnya, ada 12 warga yang menggugat Gubernur DKI ke PTUN karena telah memberi izin pembangunan At Tabayyun di atas lahan milik Pemprov DKI.

Minggu (2/5 malam tercatat yang mengunjungi Tenda At Tabayyun adalah pengurus ormas masyarakat Betawi “Bang Japar” ( Kebangkitan Jawara dan Pengacara). Ormas bentukan anggota DPD wakil DKI, Fahira Fahmi Indris dikenal bergerak dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. Selain advokasi di bidang hukum, juga aktif menyalurkan bantuan kepada warga Jakarta baik korban banjir dan kebakaran. Di masa bulan puasa kegiatannya paling menonjol adalah membagikan bahan makanan untuk buka puasa bagi warga tak mampu di seluruh wilayah Jakarta. Mereka juga punya Lembaga Bantuan Hukum yang aktif memberi bantuan hukum kepada masyarakat yang menghadapi masalah, secara cuma-cuma. Pada awal pembentukan pengurusnya 2017, Bang Japar memiliki 5000 anggota. Ormas ini sekarang semakin mekar punya kordinator sampai tingkat kecamatan di seluruh wilayah Jakarta dan Bekasi.

Kunjungan silaturahim sekitar 40 anggota Bang Japar di Tenda At Tabayyun dipimpin Khaeruddin, Daniel, dan Bang Pitung. Yang menerima dari para pengurus mesjid, Ending Ridwan, Erlangga, Andrey Suyatman, dan Haji Wasid, Komandan Pengamanan komplek TVM.

// Sampaikan empati //

Bang Japar secara khusus menyampaikan rasa empati dan dukungan untuk pembangunan masjid di komplek TVM. Rombongan tiba di Tenda menjelang salat Isya.

Setelah salat Isya dan Taraweh berjamaah, tamu kemudian mendapatkan penjelasan seputar pembangunan mesjid. Mereka sempat menanyakan latar belakang serta motif 12 warga TVM yang menentang rencana pembangunan masjid. Dan, terkejut mengetahui keduabelas warga itu juga yang dua minggu lalu mengultimatum pengurus masjid untuk membongkar Tenda At Tabayyun yang digunakan warga Muslim di TVM beribadah selama bulan suci Ramadhan.

” Ini negara hukum. Kalau semua prosedur sudah dilalui sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, tidak satu pihak pun bisa menghalangi pembangunan mesjid. Insya Allah Bang Japar akan mendukung realisasinya. Lebih cepat lebih bagus,” kata Khaeruddin.

Dia menjelaskan anggota yang mengunjungi Tenda At Tabayyun merupakan para pengurus Bang Japar dari tingkat Kota sampai Kelurahan di Jakarta Barat. ” Banyak yang bertempat tinggal sekitar Tenda, satu kelurahan dan satu kecamatan,” kata Bang Pitung. Khaeruddin tak lupa menyampaikan salam dari Fahira Fahmi Idris, anggota DPD, pucuk pimpinan ormas itu kepada pengurus mesjid. ” Bu Fahira menjanjikan akan bersilaturahmi juga ke Tenda ini, ” tambahnya.

Sementara itu, menurut Wiwien Sri Soendari, kegiatan Kuliah Subuh di Tenda At Tabayyun sudah dimulai sejak hari Minggu (2/5) bersamaan dengan kegiatan Iktikaf warga di Tenda menjalani 10 hari terakhir Ramadhan. ” Insya Allah, Salat Idul Fitri 1 Syawal 1442 H akan dilaksanakan di Tenda ini juga, dan seputar pekarangan At Tabayyun, ” tambah mantan penyiar senior TVRI itu.**

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.