Agamjua Art dan Culture Cafe Payakumbuh Diproyeksikan Menjadi Pusat Berbasis Budaya Lokal

oleh -
Ketua DPRD Sumbar Suparti Suport Seniman Kembangkan Kuliner dan Seniman Berbasis Budaya Lokal

SEMANGATNEWS.COM – Sejumlah seniman/pekerja seni Sumatera Barat melakukan riset/observasi ke Agamjua Art dan Culture  Cafe  Di Kota Payakumbuh 20-21 Desember 2020 lalu di Jalan  Inspeksi Batang Agam Kelurahan Padang Tongah Balai Nan Duo Kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh. Riset/observasi itu dilakukan guna memberi masukan dan peluang yang ada dari ranah seni dan budaya berbasis budaya lokal.

Baca Juga:  Masuki Masa MPP, Koramil 13 Majenang Lepas Sertu Slamet

Tim dengan koordinator Muharyadi itu diterima langsung oleh Supardi salah seorang tokoh masyarakat Payakumbuh yang juga Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat di sela-sela menghadiri kegiatan Festival Randai Sumatera Barat 20-22 Desember lalu.

Menurut Muharyadi, Agamjua Art dan Culture Cafe yang telah berdiri sebulan lalu berukuran 2200 meter itu dalam planing kedepannya akan dijadikan sebagai salah satu pusat kuliner kota Payakumbuh yang diperkaya dengan tampilan seni pertunjukkan berupa randai, musik dan lainnya yang siap tampil setiap waktu sesuai kalender yang telah ditetapkan pihak Agamjua Art dan Culture Cafe.

Selain itu Agamjua Art dan Culture Cafe juga direncanakan akan diperkaya dengan galeri seni rupa dan indusri kreatif menampilkan karya-karya seniman asal Sumbar yang terseleksi untuk dipajang dengan harga terjangkau. Mulai dari lukisan, seni patung dengan ukuran menyesuaikan, cendra mata, seni batik tulis, eko print, keramik dan disanding dengan kerajinan tikar dan lukah sebagai karya artistik dan lainnya yang diproduksi masyarakat setempat, jelas Muharyadi