AHY Serahkan 50 Huntara Demokrat dan 1.500 Paket Berisi Sarung dan Mukena

by -

AHY dan Fraksi Demokrat se-Sumbar Nginap di Tenda

SEMANGATNEWS.COM-Kedatangan Ketum Partai Demokrat AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) ke Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat memang membawa berkah. Setidaknya 50 unit Huntara (hunian sementara) dan 1.500 paket bantuan diserahkan langsung kepada masyarakat, Senin (21/3/2022) petang.

“Alhamdulillah saya bisa hadir disini, ke Nagari Kajai, disambut langsung oleh Bapak Bupati Hamsuardi. Kami datang kesini untuk melihat saudara kami yang ditimpa musibah gempa bumi. Kami membantu 50 unit Huntara dan 1.500 paket berisi sarung bersama mukena,” kata AHY, saat meninjau satu persatu pembangunan Huntara di Kajai.

Dalam peninjauan Huntara Demokrat dan berdialog serta menyalami korban gempa bumi ini, AHY didampingi Ketua DPD Partai Demokrat Sumbar Ir. Mulyadi, Anggota DPR RI Dapil Sumbar Darizal Basir dan Rezka Oktoberia, Wasekjen Imelda Sari, Wakil Ketua DPRD Sumbar Suwirpen Suib, Ketua DPC PD Pasaman Barat Yulianto, SH., dan seluruh anggota Fraksi Demokrat se Sumbar.

Saat menyalami salah seorang penerima Huntara bernama Fitri (37 tahun), AHY memberikan motivasi bahwa musibah tidak boleh mematahkan semangat. “Ayo Buk, kita berusaha lagi, berikhtiar lagi dan Allah SWT selalu membuka jalan untuk bisa menata kehidupan lebih baik lagi. Mudah mudahan Huntara ini bisa bermanfaat menjelang pembangunan Huntap oleh pemerintah,” kata AHY sambil menyalami Fitri.

Huntara berukuran 2×3 meter itu dibangun dengan konstruksi besi alumunium dan beratap plastik. Lantainya dicor sehingga nyaman dihuni ketika dialas dengan tikar. Secara kesehatan, Huntara Demokrat ini layak ditempati oleh satu keluarga kecil.

Saat ini sudah 20 unit Huntara Demokrat yang selesai dikerjakan dan sudah ditempati. Pengerjaan 60 unit sisanya terus dikejar dalam 10 hari kedepan hingga tuntas menjelang bulan Ramadhan datang. “Pekerja yang membangun Huntara Demokrat ini terus bekerja hingga tengah malam, untuk menyelesaikan seluruhnya,” kata AHY yang diamini oleh Ketua DPD Partai Demokrat Sumbar Ir. Mulyadi.

Kepada Bupati Pasaman Barat Hamsuardi, AHY menyampaikan bahwa bantuan yang diserahkannya ini belum bisa memenuhi harapan seluruh korban gempa bumi Pasaman Barat. “Hanya sebagian kecil yang bisa kami dipenuhi. Namun lihatlah bantuan ini sebagai keikhlasan dari kader Partai Demokrat kepada saudara kami yang ditimpa musibah,” kata AHY, putra sulung Presiden ke-6 Soesilo Bambang Yudhoyono.

Sebagai bentuk komitmennya, AHY berjanji menugaskan kadernya yang berada di DPRD Kabupaten Pasaman Barat, DPRD Sumbar dan DPR RI untuk mengawal angggaran rehab rekonstruksi bencana gempa bumi, hingga terwujud pembangunan Huntap (hunian tetap) untuk seluruh masyarakat yang rumahnya hancur karena gempa bumi Pasaman Barat ini.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Demokrat Sumbar Ir. Mulyadi mengatakan bahwa pilihan pada bantuan Huntara Demokrat ini karena dirinya banyak korban gempa bumi yang tinggal di tenda darurat yang berlantai tanah dan rawan masuk air hujan. Hal ini tentu bisa mendatangkan kekhawatiran akan penyakit, sehingga dirancanglah Huntara Demokrat yang lebih layak.

Berdasarkan data sementara yang dirilis BNPB, total rumah yang rusak berat di Pasaman Barat akibat gempa bumi 25 Februari 2022 sebanyak 653 unit, rusak sedang 375:unit dan rusak ringan 737 unit. Data ini setelah dilakukan verifikasi atas 1.700 data infrastruktur yang rusak akibat gempa bumi.

Senin (21/3/2022) Ketua Umum Partai Demokrat AHY bersama seluruh Anggota Fraksi Demokrat DPRD kabupaten/kota, DPRD Sumbar dan DPR RI Dapil Sumbar, menginap di Nagari Kajai, Kecamatan Talamau. Mereka tidur di bawah tenda yang dibangun di sebuah lapangan sepakbola.

“Kita sengaja tidur di bawah tenda malam ini di Kajai Pasaman Barat untuk merasakan nasib saudara kita korban gempa bumi ini. Kita sebagai partai politik tidak boleh jauh dari nasib dan aspirasi masyarakat,” kata AHY memberi arahan sebelum istirahat kepada semua kader Partai Demokrat yang berkemah di Kajai. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.