AKBP Dony Pimpin Apel Perdana di Polres Payakumbuh

oleh -

AKBP Dony Pimpin Apel Perdana di Polres Payakumbuh

Semangatnews, Payakumbuh – Sehari usai dilantik Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal menjadi Kapolres Payakumbuh menggantikan AKBP Endrastyawan Setyowibowo, Ajun Komisaris Besar Polisi Dony Setiawan langsung memimpin apel perdana, Jum’at (20/9).

Kapolres Payakumbuh Dony, sebelumnya disambut dengan siriah carano di depan Mapolres jalan Pahlawan, Labuah Basilang bersama Ketua Bhayangkari Cabang Payakumbuh Ny Meiza Setiawan.

Dari pintu masuk Markas Polres, AKBP Dony dan istri dinanti dengan kalungan bunga oleh mantan Kapolres AKBP Endrastyawan Setyowibowo dan Ny Endras.

“Selamat datang di Mapolres Payakumbuh, pak Dony,” kata Wakapusdik Binnmas AKBP Endras memberi penghormatan. Selain disambut dengan tari-tarian dan kalungan bunga, kedatangan Kapolres Dony juga ditunggui jajaran barisan pedang pora.

Saat berada di Mapolres Payakumbuh, AKBP Dony yang alumnus Akpol 2000 itu diperkenalkan satu persatu oleh AKBP Endrastyawan kepada Wakapolres, para Kabag, Kasat dan Kapolsek di jajaran Polres Payakumbuh.

Dalam amanatnya, mantan Kapolres Endrastyawan mengaku punya banyak kenangan selama bertugas di Payakumbuh. Dia meminta maaf, jika selama memimpin Satker tersebut, ada salah dan khilaf.

Bak gayung bersambut, saat mengambil apel perdana, Kapolres Payakumbuh AKBP Dony terlihat enjoy. “Mohon diterima saya sebagai Kapolres Payakumbuh yang baru. Waktu main-main tak ada, kita kerja, kerja nyata. Harap disesuaikan,” pesan AKBP Dony.

Sebelum menjadi Kapolres Payakumbuh, Dony Setiawan merupakan Kapolres Solok Kota. Polisi berlatar belakang reserse ini, dikenal sebagai Kepala Satuan Wilayah yang sukses menghantarkan Polres Solok Kota menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Kapolres Dony memastikan, akan menerapkan reward dan punishment bagi anggotanya. “Saya butuh polisi yang inovatif, kreatif dan progresif,” sebut Dony.

Dia mengaku, akan melakukan penguatan program pelayanan dan reformasi Polri sesuai semangat Promoter Kapolri Jendral Polisi Tito Karnavian dan Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal.

AKBP Dony juga memberi signal, akan memperkuat keberadaan Bhabinkmatibmas untuk terus hadir di tengah masyarakat, sesuai konsep nawacita. “Misalnya ada bhabinkamtibmas yang sukses dengan program pertaniannya, mengajak masyarakat dalam inovasi baru, ini bagus, kita dorong,” sebutnya.

Kapolres Dony juga menyebut, akan terus mrlanjutkan program yang sudah bagus dan berjalan di era kepemimpinan Endrastyawan. “Mana yang belum maksimal, kita evaluasi,” sebutnya.

*ANTI KORUPSI*
Seperti diketahui, pucuk pimpinan Polres Payakumbuh resmi berganti, Kamis (19/9). AKBP Dony Setyawan, alumnus Akpol 2000 menggantikan AKBP Endrastyawan Srtyowibowo.

Kapolres Endras, pindah tugas ke Pusdik Binmas. “Mohon diterima saya sebagai warga baru Payakumbuh dan Limapuluh Kota,” kata AKBP Dony, kepada wartawan, usai Serahterima Jabatan di Padang. Kapolda Irjen Fakhrizal, memimpin sertijab belasan Kapolres.

Kapolres Dony, sebelumnya merupakan Kapolres Solok Kota. Di era kepemimpinannya, Polres Solok Kota berpeluang besar menjadi Satker Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

“Kinerjanya bagus,” kata Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal, tempo hari. Tidak hanya Kapolda, kaum akar rumput di Solok juga mengaku, selama dipimpin Dony, polisi di Solok Kota lebih dekat dengan rakyat.

Konsep pelayanan Kapolres Dony ini, sejalan dengan semangat Promoter ala Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian. Belakangan, Kapolres juga unjuk prestasi dengan menangkap deader dan para pelaku pembakar hutan.

Kapolri Tito sendiri sudah berkomitmen ke publik, akan menerapkan reward dan punishment terhadap anak buahnya dalam menghadapi bencana kabut asap dan praktik kejahatan pembakaran hutan.

Kepada wartawan, Kapolres Dony mengaku, akan mengabdi sebaik-baiknya di wilayah hukum Polres Payakumbuh. Polres ini, memiliki wilayah administrasi di dua daerah dalam lingkup 10 kecamatan.

Dia berkomitmen, tidak akan kompromi dengan semangat pemberantasan korupsi, narkoba dan kejahatan menonjol lainnya. “Extra ordinary crime, harus kita hadapi dengan ordinary pula,” sebut Kapolres Dony.

Dony juga mengaku, akan menggandeng seluruh lapisan masyarakat, dalam memelihara keamanan, ketertiban dan menjamin pelayanan di wilkum Polres Payakumbuh.

“Polisi bukan sekedar profesi, namun jalan untuk mengabdi,” kata Kapolres Dony, mengutip pesan Presiden RI Joko Widodo.

Kapolres Payakumbuh AKBP Dony juga mengaku, akan terus melakukan revolusi mental di internal Polri dan meningkatkan kualitas pelayanan publik. “Program yang sudah ada sebelumnya, kita tingkatkan, kita lakukan akselerasi,” jelasnya.