Akun Facebook Kamu Takut DiHack, Lakukan Hal ini Sebelum fb Kamu Dicuri

by -
Akun Facebook Kamu Takut DiHack, Lakukan Hal ini Sebelum fb Kamu Dicuri

SEMANGATNEWS.COM – Banyak akhir akhir ini akun Facebook tidak bisa diakses karena dihack oleh orang yng tidak bertanggung jawab secara tiba tiba. Biasanya hal ini terjadi karena diambil alih oleh seorang Hacker.

Banyak Hacker yang ingin mengambil alih akun Facebook, bagaimana tidak media sosial yang satu ini dengan pengguna terbanyak, para pencuri akun ini tidak lain biasanya mencari keuntungan dengan tindakan yang buruk itu.

Bagi kamu yang ingin melindungi akun Facebook dari pencurian Hacker, ada beberapa cara untuk mengamankan akun kamu.

 

1. Ganti password dengan kombinasi yang rumit

Jika Anda mulai curiga akun Facebook Anda kena hack, mengganti password adalah cara paling cepat dan mudah untuk mengamakannya. Dan walaupun Anda merasa akun Anda masih aman, ada baiknya Anda tetap mengganti password dengan kombinasi yang lebih rumit.

Gunakan password dengan jumlah minimal 10 karakter. Padukan antara huruf besar dan kecil, angka, serta tanda baca apapun yang memungkinkan. Semaki rumit dan panjang password Anda, semakin sulit bagi hacker untuk melakukan pembobolan. Mengganti password secara berkala setidaknya setiap 6 bulan sekali juga menjadi cara yang amat baik untuk melindungi akun Facebook Anda.

 

2. Hindari menggunakan fitur ‘remember password’ di perangkat umum

Ketika Anda mengakses Facebook dari perangkat yang bukan milik Anda, misalnya di komputer kantor atau warnet, hindari mengaktifkan fitur ‘remember password’. Tapi bila tidak terlalu penting dan mendesak, akan lebih bijak jika Anda tidak melakukan login ke Facebook menggunakan perangkat asing.

 

3. Manfaatkan fitur ‘Peringatan Login

Facebook memiliki fitur canggih berupa ‘Peringatan Login’, yang akan langsung memberikan notifikasi apabila akun Facebook Anda diakses dari perangkat atau browser yang tidak dikenali. Canggihnya lagi, peringatan ini akan memberi tahu perangkat apa yang mencoba login beserta lokasinya.

Cara mengaktifkannya: buka Facebook lewat browser dan klik tanda panah ke bawah di pojok kanan atas -> pilih Pengaturan & Privasi -> klik Pengaturan -> pilih Keamanan dan Info Login -> scroll ke bawah lalu klik Edit di kolom Dapatkan Peringatan Tentang Login Tidak Dikenal -> pilih Dapatkan Pemberitahuan melalui opsi yang Anda inginkan, misalnya Notifikasi, Messenger, atau Email -> Simpan Perubahan.

 

4. Aktifkan Two-Factor Authentication (Autentikasi Dua-Faktor)

Autentikasi Dua-Faktor adalah fitur yang akan meminta kode rahasia jika Anda ingin login dari perangkat baru. Kode rahasia tersebut akan muncul pada perangkat yang Anda percaya, misalnya smartphone pribadi Anda. Jadi selama smartphone tetap di tangan Anda, orang lain tidak akan mengetahui kode rahasia yang dikirimkan.

Cara mengaktifkannya: buka Facebook lewat browser dan klik tanda panah ke bawah di pojok kanan atas -> pilih Pengaturan & Privasi -> klik Pengaturan -> pilih Keamanan dan Info Login -> scroll ke bawah lalu klik Edit di kolom Gunakan autentikasi dua-faktor.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mengamankan akun Facebook Anda dari hacker. Semoga artikel ini bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.