Alumni SSRI/SMSR (SMKN 4) Padang Dan Dukungan Pemerintah Daerah Berperan Strategis Majukan Pendidikan di Sekolah Senirupa di Indonesia

oleh -
Kepala sekolah SMKN 4 Padang Taharuddin,S.Pd.MM diskusi ringan dengan Alumni saat persiapan HUT ke 54 tahun lalu

Sementara alumni senior dan angkatan ke 3 SSRI Negeri Padang, Risman Marah (71 th) dan Syaiful Adnan  (65 th) yang dihubungi via telepon di Yogyakarta, sekaitan peran alumni juga menyebutkan, kerjasama sekolah dengan alumni selama ini hendaknya dijadikan momentum penting untuk kemajuan sekolah kebudayaan berbasis seni rupa dan seni kriya dan teknologi multimedia itu yang dalam sejarahnya cuma ada tiga di Indonesia, di luar Yogyakarta dan Bali.

Baca Juga:  Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 2 Halaman 130 132 134 135 138 139 Pembelajaran 4 Subtema 3
Risman Marah Sesepuh Alumni SSRI/SMSR/SMKN 4 Padang, mantan Dosen ISI Yogyakarta Fotografer Nasional

Menurut Risman Marah, fotografer kondang nasional dan mantan dosen Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, saat ia menempuh pendidikan di SSRI Negeri Padang dulu tahun 1968 – 1971 atau siswa angkatan ke 3 bersama teman seangkatannya seperti Darvies Rasyidin, Ardha, Armansyah Nizar (Mangkutak Raun Sabalik), Yose Rizal, Darman Moenir, Misrawati  ketiganya almarhum dan kawan-kawan, banyak pengalaman berharga yang diperolehnya, berkaitan dalam pembentukan sikap dan karakter siswa berkaitan dengan dunia seni rupa.

Baca Juga:  Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 3 Halaman 206 208 209 210 211, Pembelajaran 6 Subtema 4

Pembentukan sikap dan karakter itu, kemudian terus berkembang di lapangan setelah menamatkan pendidikan di SSRI Negeri Padang, baik bagi teman-teman yang melanjutkan ke pendidikan tinggi maupun mandiri di tengah-tengah masyarakat dan lingkungannya. ujar Risman Marah.

“Saya ingat, saat itu bahwa pendidikan seni di sekolah merupakan media pengembangan kreatifitas dan pengembangan bakat seni terutama seni rupa. Pendidikan seni memiliki peranan dalam pembentukan pribadi siwa yang harmonis dengan memperhatikan kebutuhan perkembangan anak dalam mencapai multi kecerdasan. Melalui kesenian ungkapan perasaan seseorang dapat dituangkan kedalam kreasi dalam  bentuk seni salah satunya seni rupa yang mengandung unsur-unsur keindahan yang dapat mempengaruhi perasaan orang lain”, ujar Risman Marah lagi