Anggota DPR RI Beberkan Perubahan Layanan di Arab Saudi

oleh -

Anggota DPR RI Beberkan Perubahan Layanan di Arab Saudi

Semangatnews, Padang – Kloter I haji dilepas secara resmi oleh anggota Komisi VIII DPR RI, Asli Chaidir bersama Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, di Asrama Haji Padang, Sabtu malam (6/7/2019).

Asli Chaidir dalam sambutannya mengingatkan jemaah, berangkat haji suatu kebanggaan bagi bapak dan ibu. “Entah berapa lama menunggu, kini saatnya kita laksanakan panggilan baitullah. Bagi yang pertama berhaji laksanakan dengan baik, kita nikmati karena ini akan menjadi sejarah dan akan berkesan. Tingkatkan rasa toleran antar sesama jemaah,” pesan anggota dewan daerah pemilhan Sumbar I ini.

Diakui Asli pemerintah sudah berusaha agar pelaksanaan haji semakin baik. Pemerintah melalui DPR dan Kementerian Agama sudah berupaya agar biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) tdak naik. Hal ini patut disyukuri karena kurs dolar dan harga minyak dunia masih tinggi.

Dikatakan Asli, ada beberapa perubahan layanan dan kebijakan pemerintah dalam peningkatan pelayanan jamaah haji tahun 2019. Pertama pemondokan dengan sitem zonasi. Hal ini bertujuan untuk memudahkan jemaah berkomunikasi dengan jamaah lain yang sama dengan daeah asalnya.

Kedua, menu makan cita rasa daerah. Untuk tahun 2019 ini jemaah mendapat fasilitas makan di Arab Saudi sebanyak 75 kali, diantaranya di Mekkah 40 kali, di Medinah 18 kali, di Armina 16 kali dan saat kedatangan bandara jeddah 1 kali.

Ketiga, perubahan pola sewa pemondokan di Madinah. Tahun 2018 memakai sistem semi musim (berdasarkan kedatangan jamaah), tahun 2019 meningkat menjadi gabungan antara blocking time (penyewaan penuh selama musim haji) dengan semi musim.

Keempat pelayanan bis shalawat (bis yang mengantarkan jamaah shalat dari hotel ke mesjidil haram). Selama ini tidak semua jamaah mendapatkan fasilitas ini namun tahun 2019 ini 100 persen jemaah menikmati bis shalawat.

Kelima peningkatan fasilitas selama di Arafah, Muzdalifah dan Mina. Tenda-tenda jamaah akan dilengkapi AC sementara tahun sebelumnya hanya dengan kipas angin atau water cooler.

Pada kesempatan yang sama Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri dalam laporannya menyampaikan tahun ini Embarkasi Haji Padang memberangkatkan sebanyak 7.057 orang jemaah, 5.027 diantaranya jemaah Sumbar, 1.940 jemaah Bengkulu dan 90 orang petugas haji.

Kakanwil juga menginformasikan bahwa dalam kloter I ini jemaah tertua Abdul Wahab Suki usia 91 tahun asal Sungai Sapih Kuranji Kota Padang. Jemaah termuda Fkrun Khair Alwin usia 18 tahun alamat Padang Sarai Permai Blok L Kota Padang.

“Jemaah Kloter 1 akan ditempatkan di Maktab 20 nomor rumah 403 sektor 4 wilayah raudhah 2. Jarak dari hotel ke mesjidil haram sekitar 3 KM, satu kali perjalanan bis di dari terminal Syib Amir dngan durasi perjalanan kurang lebih 15 menit,” terang Kakanwil Kemenag.

Jemaah Kloter I asal Kota Padang ini akan didampingi Ketua Kloter (TPHI), H. Marjanis, Pembimbing Ibadah (TPIHI) H. Solsafat, Dokter Fauzanah Nazifah dan dua orang paramedis, On Febrianto dan Melda Kartika.

Dipenghujung acara melepas Anggota DPR RI menyerahkan jemaah kepada ketua Kloter dan penyerahan mikrofon kepada pembimbing ibadah oleh Kakanwil Kemenag. Sebagai inovasi petugas kloter juga menyerahkan buku panduan dan brosur peta konsumsi dan akomodasi kepada anggota DPR RI.

Hadir juga staf ahli Menteri Kesehatan H. M. Subuh, Kapolda Sumbar, Danrem, Kepala Biro Bina Mental diwakili Kabag TU, Kakanwil Kemenkumham dan pejabat terkait lainnya.(Rina)