Apresiasi Kinerja Kader PKK Solok Selatan, Gubernur Sumbar: Terus Bergerak Berjuang

by -
Peluncuran Kegiatan Kesatuan Gerak PKK KB-Kesehatan tingkat Kabupaten Solok Selatan di Kawasan Wisata Hot Water Boom Kecamatan Pauh Duo. Secara resmi dibuka Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, tempo hari (17/11/2020). | Afri/Semangatnews
Peluncuran Kegiatan Kesatuan Gerak PKK KB-Kesehatan tingkat Kabupaten Solok Selatan di Kawasan Wisata Hot Water Boom Kecamatan Pauh Duo. Secara resmi dibuka Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, tempo hari (17/11/2020). | Afri/Semangatnews

SEMANGATNEWS.COM – Kader PKK di Solok Selatan, Sumatera Barat mendapat apresiasi dari Pemprov Sumbar. Dianggap telah memberdayakan rakyat sehingga tercipta lingkungan sehat.

Itu terungkap saat peluncuran Kegiatan Kesatuan Gerak PKK KB-Kesehatan tingkat Kabupaten Solok Selatan di Kawasan Wisata Hot Water Boom Kecamatan Pauh Duo. Secara resmi dibuka Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, tempo hari (17/11/2020).

Baca juga: 2.188 Dasawisma di Tanah Datar Fase Tumbuh, TP PKK Sumbar Lakukan Bimtek

Menurut Gubernur Irwan Prayitno, keberhasilan PKK dalam upaya memberdayakan masyarakat sehingga terciptanya lingkungan yang sehat di tengah-tengah masyarakat.

“Ini luar biasa PKK, kerjanya kader turun ke lapangan tanpa pamrih, tanpa letih dan lelah, untuk memberikan pendidikan sosialisasi kepada ibu-ibu yang kemudian terbangun perilaku yang sehat dari tengah masyarakat,” ujarnya.

Baca juga: Monev ke Posyandu Anyelir Busur, Ketua TP PKK Ny. dr. Dian Puspita Ajak Seluruh Pihak Ikut Cegah Stunting

Kader PKK lanjutnya, juga sangat memberikan dukungan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

“Terus bergerak berjuang, Insya Allah mendapatkan amal jariah dan kami ucapkan terima kasih banyak,” imbuhnya.

Pjs Bupati Solok Selatan, Jasman Rizal mengatakan, KKG PKK KB-Kes merupakan hari yang bersejarah bagi PKK Solok Selatan agar selalu mewujudkan 10 program pokok PKK.

Pencanangan ini, lanjutnya, merupakan langkah sinergis lintas stakeholders dalam meningkatkan capaian pembangunan. Khususnya program TP PKK di bidang kesehatan dan bidang keluarga berencana melalui pemberdayaan masyarakat.

Baca juga: Bimtek Gerakan PKK, Wako : PKK Penyambung Tangan Pemerintah

Disisi lain, untuk program keluarga berencana, ia sangat setuju dengan progam presiden jokowi yang tidak ada penekanan lagi untuk program dua anak cukup.
Melainkan merencanakan dan kualitas yang menjadi target utama.

“Sekarang bagaimana kita merencanakan pembangunan keluarga yang berkualitas, bukan orientasi pada dua anak,” katanya.

Maksudnya, bisa saja mempunyai anak lebih dari dua, namun harus direncanakan agar melahirkan generasi yang berkualitas kedepannya.

Baca juga: Padang Panjang Timur Canangkan Kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan

Sementara itu, Ketua TP-PKK Solok Selatan, Lasta Jasman mengatakan, 10 program pokok PKK tidak akan tercapai tanpa adanya bantuan dari OPD terkait.

Lasta Jasman berharap hubungan baik antara OPD dan PKK tetap terjaga sehingga PKK Solok Selatan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan keluarga.

Pencanangan ditandai dengan pemukulan gong, yang turut dihadiri Rektor Unand, Ketua DPRD Solsel, Kapolres, Kajari, Dandim, Kepala Perwakilan BKKBN Sumbar, Kepala OPD Sumbar, Organisasi Wanita, dan Kepala OPD Solok Selatan. (afri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.