Apresiasi Nakes Teladan Tingkat Nasional, Gubernur Buya Mahyeldi Berikan Hadiah Umroh

by -
Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Provinsi Sumatera Barat

SEMANGATNEWS.COM, PADANG – Pemprov Sumbar menggelar Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Provinsi Sumatera Barat di ZHM Premiere Hotel, Padang, Senin (21/11/2022).

Rapat Kerja Kesehatan Daerah Sumatera Barat merupakan upaya peningkatan kualitas kesehatan dan pelayanan kesehatan masyarakat serta monitoring capaian-capaian program kesehatan yang telah tercapai.

Di dalam acara tersebut Gubernur Mahyeldi memberikan penghargaan kepada dua orang tenaga kesehatan teladan Tingkat Nasional Tahun 2022. Penghargaan pertama adalah kategori Dokter Spesialis dari RSUD Padang Pariaman, Dr. dr. Engga Lift Irwanto SpOG(K). Kedua, Ayu Sri Rahayu, SKM dari Puskesmas Silayang Kabupaten Pasaman juga terpilih sebagai Tenaga Promosi Kesehatan.

Beragam hadiah atas apresiasi kepada dua orang tenaga kesehatan berprestasi tersebut, antara lain sepeda motor, thropy, laptop beserta perangkatnya.

Gubernur Mahyeldi mengatakan dan berjanji akan memberangkatkan Ayu Sri Rahayu ke tanah suci.

“Saya sangat apresiasi pengabdian Bu Ayu. saya juga akan tambah reward dengan memberangkatkan beliau untuk umrah,” ucapnya.

Ia menambahkan tenaga kesehatan yang bertugas di lapangan di tahun 2023 akan dipilih siapa petugas kesehatan terbaik berdasarkan masng-masing kategori dan berjanji akan memberangkatkan umrah bagi semua tenaga kesehatan terbaik di tahun 2023 nantinya.

“Bapak/ibu tenaga kesehatan yang bekerja di lapangan, mari berikan kinerja terbaiknya, demi untuk melahirkan pelayanan kesehatan dan mensejahterakan kesehatan masyarakat secara lebih baik,” imbuhnya.

Ia menambahkan lagi, Adanya Posyandu Prima tingkat Nagari/ Desa/ RT/RW daerah terpencil memudahkan masyarakat untuk mengakses layanan kesehatan, berada dekat dengan masyarakat, dan pelayanan kesehatannya pun harus prima.

“Saya mengapresiasi kepada mereka yang mau bertahan di daerah tersebut dan memberi reward,” tambahnya.

Disamping itu, rasa haru menghampiri diri Ayu Sri Rahayu, SKM yang menerima penghargaan sebagai nakes teladan tingkat nasional. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada keluarga kabupaten pasaman, dari bapak jorong, nagari, dan kepala dinas kesehatan provinsi sehingga ia bisa meraih penghargaan nakes teladan sebagai tenaga promosi kesehatan.

Ayu juga bercerita Nagari Silayang merupakan daerah terpencil, masyarakat disana belum banyak mengetahui ilmu-ilmu pengetahuan tentang kesehatan. Ditambah akses jalan yang sulit membuat para nakes kesulitan untuk menemui masyarakat, namun hal tersebut tidak mematahkan semangatnya untuk memberikan pelayanan terbaiknya untuk masyarakat Nagari Silayang.

“Kondisi jalan disana sangat mengkhawatirkan, ketika hari hujan kami kesulitan bertugas ke jorong-jorong, untuk menuju kesana kami melewati jalan tanah atau pakai perahu atau boat. Jorong terjauh disana adalah jorong patamuan, yang memakan ongkos sekitar 1,4 Juta sekali berangkat kesana,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Lila Yanwar menyampaikan dalam Rakorkesda 2022 yang mengambil tema “Mendekatkan Pelayanan Kesehatan Sampai Ke Pelosok Nagari,” mempunyai tujuan untuk sosialisasi, koordinasi dan advokasi pelaksanaan program-program kesehatan prioritas kepada seluruh stakeholders dengan harapan dapat mendukung penuh ditatanan Kab Kota Kecamatan, Nagari/Desa/Kelurahan.

“Selamat kepada Tenaga Kesehatan Berprestasi. Semoga semakin berprestasi dan meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat,” katanya.(*)

Diskominfotik Sumbar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.