Ayo ke Solok, Rang Solok Baralek Gadang 2022 Dimulai

by -

SOLOK, SEMANGATNEWS.COM – Rang Solok Baralek Gadang, Ribuan warga Solok turun ke hamparan Sawah meenyambut hasil panen padi yang melimpah, Kamis (22/9) di Kota Solok.

Iven tahunan ni dimulai tanggal 22 – 25 September 2022 dan mejadi salah satu alek unggulan dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022. Iven ini diikuti serangkaian acara yaitu festival layang-layang internasional, kegiatan seni tradisi, permainan anak nagari serta bazar.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kementerian Parekraf, Rizki Handayani mengatakan Kota Solok terpilih sebagai salah satu event unggulan KEN karena keunikannya sebagai penghasil beras.

“Setiap tahun memilih 110 iven dari seluruh Indonesia. Solok terpilih karena terkenal dengan berasnya, dan Solok Baralek Gadang ini unik karena satu-satunnya iven yang diselenggarakan di Sawah,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy menyampaikan kebanggaannya terhadap penyelenggaraan Rang Solok Baralek Gadang. Ia mengatakan iven juga merupakan pemantik bagi tahun kunjungan Visit Beautiful West Sumatera 2023.

“Kami juga sedang menyusun iven-iven yang akan dilaksankan di kota dan kabupaten sepanjang tahun 2023,” katanya.

Selain itu, Wagub juga menyinggung rencana pembukaan kembali penerbangan internasional dari Padang ke Kuala Lumpur. “InsyaAllah segera reopening, tinggal menunggu izin trayeknya,” ujarnya.

Sementara itu, Walikota Solok Zul Elfian Umar mengatakan iven Rang Solok Baralek Gadang merupakan salah satu anugerah Kota Solok. Dimana tanah Solok yang mempunyai Indikasi Geografis unik dapat menghasilkan beras dengan kearifan lokal, dan terkenal di tingkat nasional.

“Salah satu rahmat dari Allah adalah lahan Kota Solok yang subur. Tanah Solok punya indikasi geografis sehingga tanah yang subur menghasilkan bareh solok dengan kearifan lokal yang luar biasa. Sehingga adat basandi syarak akan membumi di kota serambi madinah ini,” ucapnya. (*)

Dinas Kominfotik Sumbar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.