Berdiri Dengan Keterbatasan, Sekarang TK Al Amin Telah Berusia 16 Tahun

by -

SEMANGATNEWS.COM – 16 Tahun lalu, rumah dinas guru yang tidak terawat lagi, dirawat dan di jadikan sebuah Taman Kanak Kanak di Kenagarian Sikabu – Kabu Tanjuang Aro Padang Panjang, Kecamatan Luak, Kabupaten Limapuluh Kota. Pengurus dan majelis guru merasakan suka dan duka dalam menjalankan dan membesarkan sekolah tersebut.

Diawali dengan segala keterbatasan dan kondisinya sudah memprihatinkan, berkat ketekunan dan kerja keras serta didorong oleh Pemerintahan Nagari Tanjung Haro Sikabu-kabu Padang Panjang, tokoh masyarakat dan Ninik mamak, kini keberadaan TK Al Amin sudah menjadi sekolah yang berkembang dan berperan mendukung program pendidikan anak dilingkungannya serta sudah memiliki gedung yang sangat bagus dari Pemkab Limapuluh Kota melalui dana PMPN.

Hal itu diungkapkan Kepala Sekolah TK Al Amin, Reflita Idrus, dihadapan Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo dan Bunda PAUD Limapuluh Kota Ibu Nevi Safaruddin, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Limapuluh Kota, Indrawari Munir dan jajarannya serta Camat Luhak, Muftil Wahyudi, Walinagari, Kepala Jorong dan tokoh masyarakat yang hadir memperingati Hari Jadi TK Al Amin, Kamis 26 November 2021.

Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo dan seirama dengan Bunda PAUD Limapuluh Kota Ibu Nevi Zulvia Safaruddin dalam sambutannya, memberikan apresiasi kepada pengurus dan majelis guru TK Al Amin yang sudah berjuang dan bekerja keras mendirikan dan membesarkan sekolah ini sebagai lembaga pendidikan anak usia dini dilingkungannya.

“ Anak-anak dalam usia ini sebagusnya memang harus ditempatkan di sekolah atau di lingkungan anak-anak, maka kecerdasannya akan terasah. Pemkab berharap TK Al Amin ini juga dapat membantu dan mendorong pendidikan khususnya di Kabupaten Limapuluh Kota,” ujar Bupati Safaruddin.

Hal senada disampaikan Bunda PAUD Limapiluh Kota, Nevi Zulvia Safaruddin bahwa, usia 0 sampai 6 tahun adalah usia emas (golden age) usia yang masih bisa meresap dan menangkap apapun peristiwa.

“Sebaiknya di usia dini inilah anak-anak diberikan pendidikan. Di sekolah PAUD anak-anak bermain sambil belajar. Disamping di sekolah PAUD anak-anak bisa bersosialisasi dengan temannya juga bisa belajar bersama serta membentuk karakter diri sedari dini,” ungkap Bunda PAUD Nevi Zulvia Safaruddin.

Pada peringatan Hari Jadi TK Al Amin ke 16 tahun ini, ada yang menarik perhatian Bupati Safaruddin dan Bunda PAUD Limapuluh Kota Nevi Zulvia Safaruddin serta Kadis Pendidik dan Kebudayaan Limapuluh Kota, Indrawati Munir.

Ternyata, pengurus dan majelis guru TK Al Amin tidak hanya memperingati Hari Jadi nya yang jatuh bertepatan dengan Hari Guru itu dengan kegiatan seremonial saja, namun juga menggelar lomba mewarnai foto Bupati dan Bunda PAUD diikuti anak-anak TK se kecamatan Luhak.

Setelah menyisihkan 10 karia terbaik dari semua peserta yang hadir mengikuti lomba mewarnai tersebut, Bupati dan Bunda PAUD beserta Kadis Pendidikan didaulat menjadi juri untuk memilih 6 gambar terbaik untuk ditetapkan menjadi Juara I sampai III serta juara Haparan I sampai harapan III.

Untuk Juara I direbut oleh Ibrahim Abdullah dari TK Sohibul Quran Padang Mangateh, Juara II diraih, Ahmad Azzam TK Wardatul Firdaus, Nagari Mungo dan Juara III direbut Affan Mustafa dari TK Pertiwi Andaleh.

Sedangkan juara harapan I direbut oleh Miftahul Aini dari TK Sohibul Quran Padang Mangateh, Juara harapan II direbut Nikaisjah TK Aisiyah Andaleh Balik Bukik dan juara harapan III diraih oleh Afika Dwi Putri dari TK Pertiwi Andaleh.

Peringatan Hari Jadi TK,/PAUD Al Amin diakhiri dengan pemotongan kue dan Bupati serta Bunda PAUD membagi-bagikan roti Oreo kepada anak-anak TK/PAUD yang hadir dalam acara tersebut.(ARYA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.