Berliburan di Jawa, Waspada Bencana Banjir dan Longsor

oleh -
Longsor di jalur lalu lintas.

HALONUSA – Bagi anda yang hendak berliburan di hari Minggu ini, waspadalah terhadap bencana banjir dan longsor. Karena, pengaruh La Nina telah meningkatkan curah hujan, sehingga menimbulkan banjir dan longsor di sebagian wilayah di Jawa.

“September yang biasanya adalah puncak musim kemarau tetapi justru hujan berintensitas tinggi turun di beberapa wilayah,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho melalui siaran persnya, Sabtu (18/9/2016).

BMKG katanya, telah mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat di Jawa hingga (19/9/2016) ke depan. Dari kondisi atmosfer terkini terpantau beberapa indikasi munculnya potensi hujan lebat di sekitar Pulau Jawa dalam periode 2 hari ke depan, antara lain Banten, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Pesisir Selatan Pulau Jawa.

“Masyarakat diimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang mungkin ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, genangan, pohon tumbang dan jalan licin,” imbaunya.

Bagi pengguna dan operator jasa transportasi laut, nelayan dan masyarakat yang berlibur ke wilayah pesisir juga diimbau untuk mewaspadai potensi gelombang laut tinggi dengan ketinggian antara 2,5-4,0 meter di wilayah Laut Andaman, perairan barat Lampung, Samudera Hindia barat Bengkulu hingga Lampung, Perairan Selatan Jawa, Samudera Hindia selatan Jawa hingga Bali. (jar)