BKKBN Strategis Untuk pembangunan Guna Pengentasan Kemiskinan.

by -

Semangatnews, Padang – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) sangat strategis dalam pembangunan di daerah yang identik dengan pengentasan kemiskinan dan kebodohan.

Peran pemerintah daerah dan masyarakat, sangat dibutuhkan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga yang dapat dilakukan setiap desa di kampung KB salah satu upaya pendekatan pelayanan progran KKBPK kepada masyarakat.

Hal ini disampaikan Gubernur Sumatera Barat Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, S.Psi., M.Sc. dalam acara festival “Biduak Keluarga” dalam rangka hitung mundur satu tahun HARGANAS tingkat Nasional ke XXVI tahun 2020 di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) di Pantai Padang, Sabtu (29/6/2019).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Utama BKKBN Nofrijal, Kepala perwakilan BKKBN Sumbar Syahruddin, Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, Forkopimda, para Kepala SKPD provinsi dan Kota Padang terkait.

Gubernur menyampaikan, bahwa di dalam keluarga bukan hanya sebagai memberikan keturunan saja, tetapi harus ada nilai-nilai dasar membangun respect terhadap diri sendiri, orang lain maupun kepada lingkungan, karakter tidak terbentuk begitu saja, melainkan karakter bisa terbentuk suatu kebiasaan dari dini yang terdapat dari keluarga dan lingkungan.

“Untuk itu peran keluarga disini sangat penting dalam memberikan pembentukan karekter pada anak, mulai dari akhlak budi pekerti, agama, sopan santun dan pendidikan untuk bekal masa depannya,” ungkap gubernur Irwan Prayitno.

Gubernur berharap program BKKBN dapat tersosialisasikan ke masyarakat dalam mengaktualisasikan delapan fungsi keluarga dan membangun karakter bangsa melalui perwujudan keluarga yang agamais, cinta kasih, perlindungan, ekonomi, sosial pendidikan, reproduksi, sosial budaya, dan pembinaan lingkungan.

Selanjutnya gubernur Sumbar mengajak masyarakat Sumbar ikut mengsukseskan HARGANAS XXVI tahun 2020 di Sumbar mulai saat ini.

“HARGANAS XXVI tahun 2020 bukan hanya tanggungjawab dari BKKBN saja tetapi tanggungjawab kita bersama, untuk itu mulai saat ini hitungan mundur, mari kita denggungkan hari ini, kita hebohkan hari ini dan kita rancang dan kita buat acara ini tersukses sepanjang acara HARGNAS ini,” semangat Irwan Prayitno.

Sementara Sekretaris Utama BKKBN Nofrijal mengatakan HARGANAS XXVI sekaligus menjadi ajang menggelorakan dan mensosialisasikan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), guna mewujudkan bangsa Indonesia yang berkarakter dan sejahtera.

HARGANAS mengingatkan kita akan pentingnya 8 fungsi keluarga secara optimal meliputi agama, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi, pendidikan, ekonomi dan lingkungan sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara .

“Mari ciptakan kebersamaan bersama Keluarga, luangkan waktu bersama keluarga. Mari wujudkan keluarga yang sejahtera. Cinta Keluarga, Cinta Terencana

Adapun tema dari Harganas tahun ini yaitu : Hari Keluarga Hari Kita Semua, Cinta Keluarga Cinta Terencana. Kami Keluarga Besar Perwakilan BKKBN Sumatera Barat mengucapkan ” Selamat Hari Keluarga Nasional 2019 ”

HARGANAS mengingatkan kita akan pentingnya 8 fungsi keluarga secara optimal meliputi agama, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi, pendidikan, ekonomi dan lingkungan sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara. Yuk ciptakan kebersamaan bersama Keluarga. Luangkan minimal 15 menit untuk menikmati waktu bersama. Mari wujudkan keluarga yang sejahtera. Cinta Keluarga, Cinta Terencana.(nov)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.