BKMT IV Koto Agam Didorong Terus Beraktivitas

oleh -

Semangatnews, IV Koto Agam – Aktivitas Badan Kontak Majelis Taklim Kecamatan IV Koto mendapat dukungan penuh dari Anggota Komite III DPD RI H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, S.IP., MH. Tabligh akbar BKMT itu di Masjid Raya Subarang Balingka dihadiri Senator Sumbar yang telah dua periode menjadi Pimpinan DPRD Sumbar.

“Kegiatan BKMT yang seperti ini harus terus digiatkan. Silaturrahmi jalan, ilmu bertambah, banyak pula ladang ibadah. Jangan sampai vakum,” ujar Leonardy, Kamis (14/3/ 2019).

Menurut Leonardy, jika ada anggota BKMT yang ragu tentang suatu persoalan keagamaan jangan tanya ke google saja, dicerna sendiri lalu membuat pemahaman sendiri. Lebih baik tanyakan ke guru dan ustad kita yang jelas belajarnya dimana, gurunya siapa dan bagaimana pemahaman dan pengamalan agamanya.

Dijelaskannya saat ini DPD RI tengah terjadi pembahasan tentang kesejahteraan lansia. BKMT kata Leonardy efektif pula untuk pemberdayaan bagi warga lanjut usia (lansia). Dengan adanya BKMT, lansia aktif berkegiatan.

Untuk menyemangati anggota BKMT dari tujuh nagari di IV Koto Agam itu, Leonardy memberikan sejumlah pertanyaan. Tiap jawaban yang benar diberi hadiah.

Pertanyaan seputar DPD RI dan sosialisasi pemilu. “Kita bantu pekerjaan KPU. Karena dalam kunjungan ke daerah pemilihan, masih banyak ditemui masyarakat yang tidak tahu warna kertas suara,” ungkap Leonardy.

Lebih jauh dijelaskannya bahwa pendidikan politik terhadap masyarakat merupakan bagian dari tugas sebagai Anggota DPD RI. Kita tentu ingin mensukseskan pemilu 17 April 2019 ini.

Kepada Leonardy, Ketua Masjid Raya Subarang Balingka Muhammad Toha menyampaikan perihal masjid yang sudah berulangkali terkena dampak gempa. Keramiknya banyak yang pecah, dinding retak dan lainnya.

Dibutuhkan biaya Rp 60 juta. Setelah dua bulan berjalan, baru bisa dikumpulkan sebanyak Rp20 juta. Pihaknya membuka ladang amal kepada muslim dan muslimat.

Ketua BKMT Kecamatan IV Koto Muhammad Salim Akbar, SH, M. Hum mengungkapkan bahwa pengajian ini merupakan agenda rutin di Kecamatan IV Koto. Sekali sebulan diadakan Tabligh Akbar secara bergantian di tujuh nagari itu. Bulan depan, katanya, kegiatan dilaksanakan di Masjid Tapi Nurul Iman pada tanggal 11 April 2019.

Sekcam Alidar, SP menyatakan dukungannya terhadap kegiatan Tabligh Akbar yang dilaksanakan BKMT Kecamatan IV Koto. “Kegiatan majelis taklim secara rutin ini berarti kita telah mendukung program Nagari Madani yang dicanangkan oleh Bupati Agam,” ujarnya. (*)