BPS Gelar FGD Padang Panjang Dalam Angka

by -

SEMANGATNEWS.COM – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Padang Panjang menggelar Focus Group Discussion (FGD) untuk menyamakan data dalam penyusunan publikasi Padang Panjang Dalam Angka Tahun 2021.

Acara dibuka Wakil Walikota, Drs. Asrul di Ballroom Mifan Water Park, Selasa (9/2).

Dalam sambutannya, Asrul mengatakan, sebelum data pemerintah dipublikasikan, harus dikoordinasikan dan disepakati institusi yang diakui pemerintah sebagai penyedia data, yaitu Badan Pusat Statistik dengan instansi atau OPD sebagai sumber data. Jangan sampai setelah data dipublikasikan, muncul perdebatan dan permasalahan.

Ditambahkannya, sesuai Peraturan Presiden (Perpres) No 39 Tahun 2019 tanggal 17 Juni 2019 tentang “Satu Data Indonesia” disebutkan, agar kebijakan tata kelola data pemerintah menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses dan dibagi-pakaikan.

“Data yang berkualitas sangat dibutuhkan dan diperlukan dalam menyusun perencanaan, evaluasi, membuat keputusan dan memformulasikan kebijakan agar sasaran kegiatan yang telah ditetapkan, dapat dicapai dengan efektif dan efisien,” ujarnya.

Dikatakannya, hal ini juga sejalan dengan UU No. 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. Dalam Pasal 31 dijelaskan bahwa perencanaan pembangunan didasarkan oleh data dan informasi yang akurat serta dapat dipertanggungjawabkan.

Menurut dia, diperlukan koordinasi yang cukup intens untuk menyinkronkan data-data yang akan diterbitkan nantinya. “Pemerintah daerah juga harus mempunyai basis data (database) yang terpercaya, valid, dan senantiasa diperbarui. Setiap OPD harus mempunyai database yang terbaru (up to date),” sebut Asrul.

Sementara itu Kepala BPS, Arius Junaidi, SE, ME menjelaskan, maksud dan tujuan kegiatan FGD tersebut yakni untuk kesamaan data dalam penyusunan publikasi Padang Panjang Dalam Angka Tahun 2021 yang akurat.

Lebih lanjut dia menjelaskan, peserta yang ikut dalam FGD kali ini terdiri dari para perencana, operator dan pengumpul data statistik sektoral yang ada di masing-masing instansi se-Padang Panjang termasuk BPS, dengan menghadirkan narasumber dari Kepala BPS Kota Padang Panjang, kepala Dinas Kominfo, serta statistisi muda dari BPS.

Dalam acara tersebut tampak hadir pimpinan OPD terkait, pimpinan BUMN/BUMD yang ada di Kota Padang Panjang serta camat. (Eti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.