Bupati Eka dan Wakil Richi Melaksanakan Kegiatan Keagamaan di Tanah Datar

by -

SEMANGATNEWS.COM – Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar dibawah kepemimpinan Bupati Eka Putra dan Wakil Richi Aprian melaksanakan bermacam-macam Kegiatan keagamaan selama Ramadhan.

Bupati Tanah Datar Eka Putra dalam bulan Ramadhan turun dengan Tim Kuhusus Ramadhan bersama rombongan sebanyak 8 Mesjid dan Tim Safari Ramadhan 2 Mesjid.

Begitu juga Wakil Bupati Richi Aprian yang mendampingi Bupati 5 tahun kedepan juga turun ke Mesjid-Mesjid dengan Tim Khusus Ramadhan sebanyak 8 Mesjid, Tim Safari Ramadhan 2 Mesjid.

Wakil Bupati Richi Aprian Safari Ramadhan Khusus mengunjungi Mesjid Fathul Barri Nagari Simawang Kecamatan Rambatan, Mesjid Nurul Huda Nagari Taluk Kecamatan Lintau Buo, Mesjid Nurul Huda Nagari Pandai Sikek Kecamatan X Koto, Mesjid Raya Rao-Rao Nagari Rao-Rao Kecamatan Sungai Tarab.

Subuh berjemaah Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian mengunjung Mesjid Nurul Iman Simpang Kiambang Nagari Lima Kaum Kecamatan Lima Kaum, Mesjid Nurul Akbar Nagari Tanjung Alam Kecamatan Tanjung Baru , Mesjid Jamik Nagari Padang Magek Kecamatan Rambatan, dan Mesjid Baitul Makmur Nagari Minangkabau Kecamatan Sungayang.

Bupati Tanah Datar Eka Putra maupun Wakil Bupati Richi Aprian dalam Tim Khusus Safari Ramadhan menyampaikan 3 tujuan Tim yaitu mempererat silaturrahmi, menyampaikan informasi-informasi dan menyerap aspirasi masyarakat.

Dalam kegiatan Tahfizh Bupati Eka Putra maupun Wakil Bupati Richi Aprian menyampaikan kegiatan Malam Bima Iman dan Taqwa (Mabit) diisi dengan kegiatan ibadah, baik wajib maupun ibadah sunat.

Disamping itu juga diisi dengan kegiatan Murajaah Tahfiz terhadap para Santri, Hafizh dan Hafizhah oleh Guru-Guru Tahfizh.

Tahun 2021 merupakan tahun ke 6 Kabupaten Tanah Datar melaksanakan kegiatan pembinaan Tahfizul Qur’an serta 5 kali melaksansksn Waqaf 1000 Hafizh.

Pembinaan Tahfizh di Kabupaten Tanah Datar dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, tahun 2016 jumlah rumah Tahfizh 6 buah, awal tahun 2021 sudah menjadi 217 buah rumah Tahfizh dan 14 buah rumah Tahfizh binaan.

Output dari kegiatan pembinaan sudah sebanyak 5000 orang Hafizh dan Hadizah di sertifikatkan melalui waqaf 1000 Hafizh. Puncaknya prestasi kegiatan MTQ Nasional ke 38 tingkat Sumatera Barat 2019 Tanah Datar juara umum.

Komitmen Pemda bersama Guru TPA/TPSA dan MDA untuk mengembangkan Tahfizh 1 orang Guru akan membimbing 3 orang santri menjadi Hafizh Al-Quran. Data Guru TPA tahun 2020 sebanyak 1777 orang Guru TPA di kalikan 3 orang santri akan melahirkan sebanyak 5331 penghafal Al-Qu’ran tahun 2021.

Disamping itu Bupati Eka Putra dan Wakil Bupati Richi Aprian adalah pejabat yang hobby Olah Raga. Bupati Eka Putra Ketua Umum Pengprov PBVSI Sumatera Barat. Wabup Richi Aprian Hobby Olah Raga Tenis Meja. Ketua-Ketua PTM Tanah Datar sudah main Tenis Meja dengan Bapak Richi Aprian termasuk Ketua Umum PTMSI Tanah Datar Muhamad Syukur. (MSy).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.