Bupati Pessel Resmikan Tiga Gedung Baru, Senilai Rp 19, 1 Milyar

by -

Bupati Pessel Resmikan Tiga Gedung Baru, Senilai Rp 19, 1 Milyar

SEMANGATNEWS.COM- Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, SH, MH, meresmikan tiga gedung baru milik pemerintah setempat, secara maraton, Senin (15/2).

Ketiga gedung baru tersebut adalah gedung Perpustakaan Umum Daerah dibangun melalui Dana Alokasi Umum (DAK) bidang pendidikan sub bidang Perpustakaan 2020 dengan pagu anggaran Rp 10 Milyar, kemudian Gedung Paru Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr..Muhammad Zein Painan, dibangun dengan anggaran Rp 6,7 milyar dan gedung rawat inap Puskesmas Asam Kumbang Kecamatan Ampek Nagari Bayang Utara, dibangun dengan Dana Alokasi Umum (DAU) Rp 2,4 milyar.

Peresmian ketiga gedung tersebut, diawali dengan penandatangani prasasti gedung Perpustakaan Umum Daerah di Jalan Imam Bonjol, kemudian dilanjutkan dengan peresmiaan gedung Paru RS. M.Zein Painan. Dari RSUD. M. Zein Painan, rombongan bupati langsung menuju Asam Kumbang Kecamatan Ampek Nagari Bayang Utara, guna meresmikan gedung rawat inap Puskesmas Asam Kumbag.

Bupati Hendrajoni, usai peresmian mengatakan, keberadaan gedung representatif sudah menjadi kebutuhan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Ya, diharapkan dengan adanya gedung baru tersebut akan dapat meringankan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Pesisir Selatan. Kemudian kepada tenaga kesehatan agar memberikan pelayanan prima,” katanya.

Disebutkan, pembangunan kesehatan menjadi prioritas Pemerintah Kabupaten Pesisir. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan. ‘Faktor kesehatan sangat penting dalam rangka menciptakan manusia yang sehat jasmani dan rohani, serta sumberdaya manusia yang berkualitas.

Sementara Direktur RSUD dr Muhammad Zein Painan dr.Sutarman mengungkapkan, gedung paru dibangun tahun 2020 dengan alokasi anggaran Rp 6,7 miliar lebih.

“Gedung yang dibangun secara representatif itu mulai difungsikan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat,” ungkapnya.

“Ya, kita terus melengkapi fasilitas gedung paru. termasuk para tenaga kesehatan, sehingga pelayanan kesehatan dapat berjalan sebagaimana mestinya,” sebutnya.

Ia menyebutkan, kondisi terkini gedung paru di RSUD dr.Muhammad Zein Painan tersebut, setiap lantai sudah terdapat aliran listrik dan setiap ruangan sudah diisi peralatan pelayanan.

Di tempat terpisah Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip, Pesisir Selatan, Drs. Mawardi Roska, menyebutkan,
Gedung Perpustakaan Umum Daerah ini terdiri dari ruangan perpustakaan konvensional, ruang perpustakaan digital, studio mini, tempat berselfi dan menikmati sunset, ruang layanan anak (rumah pintar), pentas literasi, ruang serba guna serta ruang kerja pegawai bidang perpustakaan.

Ruang layanan anak (rumah pintar) merupakan ruangan yang melayani kunjungan anak TK dan PAUD Se-Kecamatan IV Jurai serta kunjungan insidentil dari TK PAUD kecamatan lainnya. Hal ini dibangun dengan tujuan agar anak dari dini sudah dibiasakan dekat dengan perpustakaan. Di rumah pintar ini, anak anak belajar sambil bermain main dengan menggunakan alat peraga edukasi (APE).

Hadir bersama bupati pada acara peresmian tersebut, Plh. Sekda Muskamal, dan kepala perangkat daerah. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.