Bupati Sutan Riska Gandeng Tim Ahli UNAND Susun RPJMD

by -

SEMANGATNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Dharmasraya bersiap melakukan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kabupaten Dharmasraya tahun 2021-2026. Rapat persiapan penyusunan RPJMD ini dipimpin langsung oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, di Aula Lantai II kantor Bupati Dharmasraya, Senin, (8/3).

Rapat bersama tim ahli penyusunan RPJMD dari Universitas Andalas (Unand) Padang itu turut dihadiri Wakil Bupati Dharmasraya, DP Datuak Labuan, Sekretaris Daerah, Adlisman, Staf Ahli Bupati, Asisten serta segenap Kepala Perangkat Daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Dharmasraya.

Dalam kesempatan itu Bupati meminta penyusunan RPJMD sebagai penjabaran visi, misi serta program prioritas Kepala Daerah yang disampaikan pada saat kampanye Pilkada tahun 2020 lalu, berpedoman pada RPJPD dan RPJMN. Kemudian mesti terintegrasi dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), dan dilaksanakan berdasarkan kondisi serta potensi yang dimiliki daerah, sesuai dinamika perkembangan daerah dan nasional.

“Serta yang tidak kalah pentingnya adalah pemahaman kita bersama tentang karakteristik Dharmasraya itu sendiri,” ujar bupati.

Rancangan awal RPJMD diminta bupati agar diajukan ke DPRD paling lambat tanggal 7 April 2021. Maka dari itu, bupati menginstruksikan Bapppeda untuk segera menyelesaikan rancangan awal tersebut dengan bahan dan masukan dari seluruh kepala perangkat daerah sebelum waktu yang ditentukan. Bupati juga meminta peran aktif para tenaga ahli dalam membantu penyusunan RPJMD tersebut sesuai dengan kerangka pikir ilmiah dan keilmuannya, sehingga melahirkan RPJMD yang berkualitas yang memiliki nilai-nilai strategis dan politis.

“Untuk mencapai visi dan misi yang telah ditetapkan, saya berharap kepada semua jajaran agar sama-sama bekerja berdasarkan tugas dan fungsi masing-masing dalam melakukan penyusunan rancangan awal RPJMD ini. Program-program yang ada di OPD harus singkron dengan visi misi kepala daerah. Karena tidak ada yang namanya visi misi OPD, yang ada hanyalah visi misi Bupati dan Wakil Bupati. Mohon kerjasama yang baik, agar RPJMD ini selesai tepat waktu,” tegas bupati. (rls/rsy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.