Cap Go Meh Agenda Tahunan Kota Padang

by -

Cap Go Meh Agenda Tahunan Kota Padang

Semangatnews, Padang – Dinas Pariwisata Kota Padang menjadikan kegiatan perarakan Cap Go Meh yang digelar etnis Tionghoa sebagai agenda tahunan pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat.

Hal itu mendapat tanggapan positif dari masyarakat Kota Padang yang multi etnis. Seperti dijelaskan Iswanto Kwara, anggota DPRD Kota Padang dari PDIP, Rabu (5/2/2020) .

Sebagai warga Kota Padang, ia sangat bangga dengan keamanan dan kenyamanan Padang Kota Tercinta.

Sikap dewasa yang ditunjukan sesama warga terhadap berbagai latar kebudayaan. Ketika digelarnya pagelaran budaya maka semuanya bersuka cita menyambut, tutur mantan pemain barongsai HTT Padang.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Arfian mengatakan kegiatan tersebut sudah menjadi agenda tahunan Dinas Pariwisata Kota Padang yang diluncurkan pada Januari 2020.

“Ini merupakan kegiatan kebudayaan yang sudah cukup lama berkembang di Kota Padang, maka dari itu selaku Dinas Pariwisata Kota Padang akan mendukung penuh kegiatan ini,” katanya Selasa (4/2/2020).

Arfian berharap ke depannya kegiatan tersebut terus tumbuh dan berkembang di Kota Padang.

“Kita akan terus mendukung dan mengakomodasi setiap kegiatan kebudayaan yang digelar oleh para etnis di Kota Padang,” katanya lagi.

Seperti agenda Serak Gulo yang digelar etnis India di Padang telah dianggarkan oleh APBD, katanya.

“Khusus etnis Tionghoa akan kita usahakan anggarannya pada APBD 2021,” tuturnya.

Lebih lanjut ia mengatakan kegiatan tersebut juga merupakan salah satu sarana untuk menguatkan rasa kebersamaan, persaudaraan dan toleransi di tengah kehidupan masyarakat Kota Padang yang heterogen.

“Arakan Cap Go Meh ini menggambarkan sebuah akulturasi yang baik dari masyarakat di Kota Padang,” jelasnya.

Tidak hanya itu menurutnya kegiatan tersebut juga salah satu bentuk kekayaan dan keanekaragaman kebudayaan yang unik di Kota Padang dan harus selalu dijaga keasriannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.