Cara Mendapatkan BSU Rp1 Juta Dari Pemerintah

by -

SEMANGATNEWS.COM – Pemerintah RI melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) akan meluncurkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) sebesar Rp1 juta untuk dua bulan dan akan langsung disalurkan ke calon penerimanya.

BSU diberikan sebagai upaya pemerintah mencegah pengusaha melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Selain itu, bantuan ini juga diberikan bagi pekerja yang dirumahkan atau mendapatkan pemotongan gaji karena jam kerja yang berkurang.

“Kami mulai dari satu juta calon penerima terlebih dahulu, tahap awal sudah dimulai. Kami merujuk kepada data peserta aktif Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan,” kata Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, Selasa (2/8/2021).

Berikut cara mengecek kepesertaan di BPJS Ketenagakerjaan :

1. Aplikasi BPJSTKU

Aplikasi ini bisa diinstal di perangkat seluler. Kemudian, melakukan registrasi email dengan mencantumkan nomor kepesertaan, nama peserta, NIK e-KTP, dan tanggal lahir.

Setelah masuk, klik kartu digital dan keterangan aktif atau tidaknya kepesertaan akan terlihat di bagian bawah halaman. Dari aplikasi tersebut juga bisa dilihat nomor rekening bank yang didaftarkan pada lama tersebut.

2. Website BPJS Ketenagakerjaan

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mengecek kepesertaan adalah dengan masuk ke laman: https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/.

Kemudian, klik menu registrasi dan isi biodata yang diminta.

Setelah itu, anda bisa melihat status kepesertaan via kartu digital dan melihat informasi nomor rekening yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan.

Jika mengalami kesulitan, peserta bisa menghubungi Call Center BPJS Ketenagakerjaan di nomor: 1500-910.

(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.