Cara Persuasif, Upaya Anggota Koramil Maos Gugah Kesadaran Warga Agar Pakai Masker

oleh -

Cilacap – Operasi Penegakan Disiplin (Gaktib) Protokol Kesehatan Covid-19 terus dilakukan Tim Satgas Covid di tiap Kecamatan. Seperti yang dilakukan anggota Koramil 07/Maos beserta jajaran Forkopincam dengan menggugah hati warga dengan melaksanakan penegakan secara persuasif dan humanis agar tumbuh kesadaran dan disiplin masyarakat dalam menggunakan masker, Senin (14/09/20).

Dalam kesempatan itu Danramil 07/Maos Kapten Inf Suwanto menjelaskan pelaksanaan penegakan disiplin protokol kesehatan Covid-19 dilaksanakan di tiga titik yaitu di depan Puskesmas Kecamatan Sampang, di Desa Panisihan Maos dan di Jalan Penatusan Desa Maos Kidul. Selain kegiatan gaktib juga dilaksanakan penyemprotan disinfektan diwilayah tersebut.

“Dalam pelaksanaan operasi, petugas harus lebih aktif memberikan edukasi dan sosialisasi pentingnya disiplin mematuhi protokol kesehatan covid-19, dalam pelaksanaanya kita menggunakan cara yang persuasif dan humanis tanpa mengurangi ketegasan kita dalam penegakan protokol sesuai peraturan yang dikeluarkan pemerintah saat ini,” jelasnya.

Lanjut, “Ada tujuh aspek yang harus dilakukan masyarakat sebagai perilaku protokol kesehatan meliputi selalu pakai masker saat keluar rumah, kebiasaan cuci tangan, menghindari kontak fisik, hindari sentuh wajah dengan tangan kotor, meningkatkan daya tahan tubuh, istirahat yang cukup dan terakhir jaga kesehatan baik di rumah atau di luar rumah,” imbuhnya.

Danramil juga berharap agar seluruh pihak yang terkait dalam pelaksanaan operasi penegakan disiplin protokol kesehatan covid-19 dapat terus bersinergi dan melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab.

“Mudah-mudahan sinergi dan kebersamaan kita akan memotivasi masyarakat untuk terus disiplin malakukan protokol kesehatan menuju Indonesia bebas covid-19, ” harap Danramil”.

Hadir dalam kegiatan Camat Maos Bintang Dwi Cahyono A.P, M.M, Danramil 07/Maos Kapten inf Suwanto, beserta 2 anggotanya, Kapolsek Iptu Iwan Efendi S.H,M.M beserta anggota, Kepala UPT Puskesmas Maos dr. Sri Utami, Kasitrantib Pawit beserta anggota Satpol PP, BPBD Maos Suparjan, Linmas Desa Maos Kidul, anggota Organisasi Pemuda Pancasila setempat.
*R07oke*