Cegah WhatsApp Dibajak Pelaku Kejahatan, Ini Himbauan Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira

oleh -

Ketiga, jangan berikan kode PIN kepada orang lain, karena hanya pelaku yang mengingini kode PIN tersebut. Terakhir yang keempat yakni jangan mengklik link tautan atau URL tidak dikenal, lebih baik diabaikan saja.

Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira menambahkan cara mengembalikan WhatsApp setelah dihack, yakni aplikasi WhatsApp di handphone lama agar di uninstall, install aplikasi WhatsApp yang baru, registrasi menggunakan nomor yang ada, masukkan OTP yang dikirimkan oleh provider telepon melalui SMS.

Baca Juga:  Wakil Gubernur Sumbar Rapat Bersama Fokopimda Persiapan Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah Tahun 2021.

“Jangan kirimkan OTP ke siapapun yang meminta” tegas AKBP Alex Prawira, selanjutnya aktifkan Two Step Verification dengan cara masuk ke “Setting”, pilih “Two Step Verification”, masukkan kode PIN sebanyak 6 digit, konfirmasi kode PIN, masukkan alamat email, konfirmasi alamat email.

“Langkah terakhir dan terpenting, jangan berikan kode PIN kepada orang lain, karena hanya pelaku yang mengingini kode PIN tersebut”, ujar AKBP Alex Prawira.

Baca Juga:  Berbasis E-Commerce, Pelaku UMKM Payakumbuh Ikuti Workshop Digital

Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira mengatakan, ini merupakan wujud dari Polres Payakumbuh mengedukasi masyarakat. Dia berharap saran ini bisa membuat masyarakat lebih mawas diri dan terhindar dari kejahatan siber. (LF/07)