CPNS Juni 2021: Cek Formasi Lulusan SMA Sederajat Hingga Perguruan Tinggi, di sscasn.bkn.go.id

by -

SEMANGATNEWS.COM – Kabar gembira bagi Anda yang telah menantikan seleksi CPNS 2021. Karena sempat dibatalkan sebelumnya.

Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui situs resmi Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) di sscasn.bkn.go.id.

Apabila tak ada perubahan lagi, pendaftaran CPNS 2021 diperkirakan akan dilaksanakan pada akhir Juni 2021 ini.

Melansir detik.com, nantinya SSCASN akan terintegrasi dengan data NIK di Dukcapil, data Dapodik Kemdikbud, data STR di Kementerian Kesehatan, dan akses data ijazah serta akreditasi Perguruan Tinggi di Kementerian Ristekdikti.

Selain itu, sejumlah instansi kini telah mengumumkan lowongan CPNS 2021 yang mereka perlukan. Dari sekian instansi yang telah membuka daftar formasi yang mereka perlukan, diantaranya terdapat sejumlah formasi jabatan yang menerima lulusan SMA/SMK/Sederajat hingga sarjana.

Sambil menunggu, cek daftar sejumlah instansi Kementerian/Lembaga yang sudah mengumumkan formasinya berikut:

Formasi CPNS 2021 dan Syarat

Kemenhub

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengumumkan kebutuhan formasi aparatur sipil negara (ASN) atau calon pegawai negeri sipil atau CPNS 2021 sebanyak 2.445 formasi.

Tahapan seleksi CPNS 2021 Kemenhub terdiri dari seleksi administrasi, seleksi Kompetensi Dasar (SKD) 40%, Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) 60%.

Persyaratan pendidikan untuk formasi CPNS yang dibuka mulai dari SLTA sampai S2. Lalu untuk kelengkapan lamaran dapat dipersiapkan ijazah, KTP, dan lain sebagainya sesuai persyaratan.

Selengkapnya: Formasi CPNS 2021 Kemenhub

Basarnas

Dalam daftar CPNS 2021 Basarnas, terdapat 27 formasi jabatan yang dibutuhkan. Diantaranya, terdapat sejumlah formasi jabatan yang menerima lulusan SMA/SMK/Sederajat seperti Rescuer Pemula.

Cek selengkapnya disini: 27 Formasi CPNS 2021 Basarnas

Selain Rescuer Pemula, ada pula formasi CPNS 2021 Nakhoda, Mualim, Juru Mudi, Juru Minyak, Masinis, Kelasi, hingga Markonis yang juga bisa dilamar lulusan SMA/SMK Sederajat. Meski demikian sejumlah formasi ini juga mewajibkan pelamar memiliki sertifikat khusus.

Selain untuk lulusan SMA/SMK Sederajat, Basarnas juga membuka formasi untuk lulusan Diploma 3 (D3), Diploma 4 (D4), Strata 1 (S1), hingga Strata 2 (S2).

Kementerian Luar Negeri

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) menjadi salah satu kementerian yang membuka lowongan CPNS 2021.

Pada rekrutmen tahun ini, Kemenlu membuka 332 formasi sekaligus termasuk 3 jabatan Pejabat Dinas Luar Negeri (PDLN) yaitu Jabatan Fungsional Diplomat sebanyak 140 formasi, Jabatan Fungsional Penata Kanselerai sebanyak 80 formasi, dan Jabatan Fungsional Pranata Informasi Diplomatik sebanyak 44 formasi. Serta beberapa jabatan fungsional tertentu dan jabatan pelaksana lainnya.

Kejaksaan

Lowongan penerimaan CPNS kejaksaan 2021 akan dibuka sebanyak 4.148 formasi. Dari total 4.148 formasi tersebut, 1.000 formasi di antaranya diperuntukkan posisi Jaksa, 527 untuk posisi Pranata Barang Bukti, dan 495 lainnya untuk posisi Pengolah Data Perkara dan Putusan.
Untuk penerimaan CPNS kejaksaan 2021
posisi Jaksa, syarat utamanya tentu adalah merupakan lulusan S1 Hukum. Lalu, untuk posisi Pranata Barang Bukti bisa dilamar mulai dari lulusan D-3 jurusan Administrasi, Komputer, Perkantoran, Manajemen, dan Sekretaris.

Sedangkan, untuk posisi Pengolah Data Perkara dan Putusan juga dibuka untuk lulusan mulai dari D-3 jurusan Administrasi Pemerintah, Teknik Informatika, Manajemen Informatika, Administrasi Perkantoran, dan Manajemen.

BPK

BPK mengatakan pihaknya akan membuka 1.320 formasi pada penerimaan CPNS 2021. Formasi CPNS BPK 2021 tersebut dibuka untuk jabatan pemeriksa, pranata komputer, serta pengelolaan data informasi dan hukum.

Kebutuhan akan formasi CPNS BPK 2021terbagi menjadi 1.257 untuk jabatan pemeriksaan ahli pertama, 35 jabatan sebagai pranata komputer, serta 28 formasi untuk pengelolaan data informasi dan hukum. Dari total tersebut, 2% di antaranya atau 27 formasi dibuka khusus untuk disabilitas.

Secara keseluruhan, untuk proses penerimaannya masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya, yaitu ada seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar, dan seleksi kompetensi bidang.

Kementerian PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membuka 1.057 formasi pada penerimaanCPNS 2021. Formasi tersebut seluruhnya dibuka untuk CPNS, tidak ada PPPK.

KLHK

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) membuka 1.175 formasi CASN pada penerimaanCPNS 2021. Formasi tersebut terdiri dari 1.007 CPNS dan 168 PPPK.

Polri

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) mengumumkan kebutuhan formasi calon pegawai negeri sipil atau CPNS 2021 sebanyak 1.035 formasi. Dari total itu terbagi 722 untuk tenaga medis dan 313 tenaga teknis.

Lebih rinci dijelaskan 907 untuk formasi umum, 104 lulusan terbaik, 21 disabilitas dan 3 untuk putra/putri Papua dan Papua Barat. Dari total formasi tersebut, setidaknya terdapat 62 jabatan yang bisa diikuti proses seleksinya.

 

Sumber: detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.