Danau Dendam Tak Sudah Bengkulu, Harga Kelapa-pun Dendam Kesumat

by -

Danau Dendam Tak Sudah Bengkulu, Harga Kelapa-pun Dendam Kesumat

SEMANGATNEWS.COM- Soal pakuk- memakuk di objek wisata tidak hanya terjadi di Sumbar. Di Bengkulu tepatnya di objek Wisata Danau Dendam Tak Sudah juga kita temukan hal yang sama.

Hal ini dirasakan sendiri oleh saya dan keluarga saat menikmati keindahan Danau Dendam Tak Sudah yang melegenda itu, Rabu 23/12.
Kedatangan saya ke Bengkulu dalam hal mengunjungi anak dan cucu yang sudah menetap di kota Bengkulen ini.

Danau yang terletak di wilayah kecamatan Teluk Segara, Selebar, Gading Cempaka ( Kota Bengkulu ) dan Kecamatan Talang Empat ( Kabupaten Bengkulu Utara ), memang sepi tidak banyak pengunjung. Ada 2 dan 3 mobil parkir di tepi danau.

Sementara pengunjung duduk santai di bawah pondok pondok menghadap ke danau.
Tak lama berselang pedagang mendekati dan menawarkan aneka minuman dan makanan.
Tanpa curiga, saya dan keluarga memesan 2(dua) buah kelapa muda dan 3 jagung bakar.

Dengan santai saya dan anak menikmati keindahan danau tersebut walaupun sebenarnya tak seindah danau maninjau dan danau singkarak di Sumbar.

Tapi dengan namanya Danau Dendam Tak Sudah, ada juga yang berhasrat mengunjungi.

Tak cukup satu jam, kami pun hendak pulang. Saat itulah kami terkejut pedagang itu dengan ringannya menyebutkan jumlah yang harus di bayar Rp 90.000(sembilan puluh ribu rupiah).
Berapa, kata saya; Sembilan puluh ribu, sebutnya lagi.
Padahal saya sudah memegang uang kertas 50 ribu. Maka saya tanya, kelapa berapa dan jagung berapa?

Ia pun sekali lagi dengan entengnya menjawab; kelapa 20 ribu/buah, dua menjadi Rp 40 ribu. Jagung 15 ribu/ buah, 3 jagung bakar jadinya 45 ribu. Total 95 ribu rupiah dan ketika saya sodokan uang rp 100 ribu dikembalikan 10 ribu. Artinya saya dapat diskon Rp 5000.

Anak saya ngomel, wah jagung dan kelapanya harganya juga “dendam tak sudah” plus dendam kesumat. Pantasan tempat ini tidak ramai, sebut Anisya yang baru kelas 1 SMA.

Sehari sebelumnya saya juga beli kelapa muda di pinggir jalan kota Bengkulu dan harganya cuma Rp 8.000.

Di pantai Padang, soal kelapa muda ini sudah dicantumkan harga. Murni 5000 rupiah. Daerah wisata Bali yang sudah mendunia itu, harga kelapa muda tak sampai rp.10 ribu.

Alkisah danau yang berada di lahan seluas 112,2 hektar ini terkait dengan legenda sepasang muda mudi yang bunuh diri dengan menceburkan diri ke dalam danau karena hubungan cinta mereka yang tidak mendapatkan restu orangtua sang gadis.

Versi lain pada masa Belanda, danau ini dibuat dan supaya lebih tertata. Namun sayang setelah merdeka pembangunannya kemudian terbengkalai.

Danau ini selain sebagai kawasan wisata juga dipergunakan sebagai kawasan konservasi yang melindungi berbagai keragaman hayati, sumber air untuk irigasi, daerah cadangan air, dan juga sebagai media pembelajaran alam untuk kepentingan ilmiah.

Untuk menjangkau lokasi danau ini, Anda bisa menempuh perjalanan sejauh 5 km dari pusat kota Bengkulu.**

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.