Dandim Cilacap Kunjungi Keluarga Alm. Sertu Yoto Eki Setiawan, Korban Tenggelamnya KRI Nanggala 402

by -

SEMANGATNEWS.COM – Sebagai ungkapan duka cita atas gugurnya Almarhum Sertu (Bah) Yoto Eki Setiawan, Komandan Kodim 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, S.I.P mengunjungi rumah keluarga duka korban kapal selam tenggelam KRI Nanggala 402 di Jln. Pertamina No 45 RT 04/03 Desa Segaralangu Kecamatan Cipari Kabupaten Cilacap, Selasa (27/4/21).

Kedatangannya didampingi Pasi Pers Kodim 0703/Cilacap Kapten CPM Agus Santoso, Danramil 12/Kedungreja Kapten Inf Tasino, Anggota Persit KCK Ranting 12 Koramil 11/Sidareja dan Ranting 13 Koramil 12/Kedungreja, Perwakilan Dinsos Kabupaten Cilacap Tindar Pratama Aji. Camat Cipari Achmad Husin, S.Sos. juga turut hadir mendampingi bersama Kepala Desa Segaralangu, Ismail. Maksud kedatangan Dandim beserta rombongan adalah untuk melayat dan menyampaikan bela sungkawa yang sedalam dalamnya kepada pihak keluarga Almarhum Sertu Yoto Eki Setiawan.

Diketahui, Almarhum Sertu Yoto Eko Setiawan merupakan kesatria bangsa kelahiran Cilacap, 23 Januari 1994. Jabatan terakhir adalah Ba Awak Kasel Nanggala 402 di Satuan Koarmada II. Almarhum beserta ABK lainnya dinyatakan gugur setelah Kapal Selam KRI Nanggala 402 tenggelam kurang lebih 850 meter dibawah permukaan laut. Almarhum meninggalkan seorang istri. Selain sebagai Kepala keluarga, Almarhum juga menjadi tulang punggung adik adiknya yaitu Devi Elisa Fajar (16 thn) Pelajar Kelas 1 SMU dan Wahyuningsih (7 thn) Pelajar kelas 1 SD.

Dalam kesempatan tersebut Dandim Letkol Inf. Andi Afandi, S.I.P menjelaskan, Almarhum adalah putra terbaik bangsa dan kebanggaan keluarga, warga Desa Segaralangu dan Kabupaten Cilacap. Saat ini Almarhum Sertu Yoto Eki Setiawan juga telah mendapat kenaikan pangkat anumerta dari negara.

Almarhum Sertu Yoto Eki Setiawan adalah ksatria bangsa, kebanggaan bangsa dan keluarga. Dia mengabdi sebagai anggota TNI dan telah mengabdikan diri kepada bangsa dan menjadi tulang punggung keluarga. Untuk itu, saya mewakili keluarga besar Kodim 0703/Cilacap termasuk Forkopimda menitipkan pesan bahwa baik TNI, Pemda, dan lapisan masyarakat, ini adalah keluarga besar kita bersama yang menjadi tanggungjawab bersama dan harus kita kawal bersama.

Boleh kita kehilangan satu kesatria bangsa tetapi tugas kita disini adalah bagaimana yang hidup ini mendoakan dan membantu keluarga yang ditinggalkan. Itulah pesan kami yang terbaik.Dan tentunya kita akan berkoordinasi secara ketat dengan Forkopimda dan menyiapkan masa depan adik adiknya untuk bisa meneruskan cita-cita kakaknya.

Sementara itu, Ibu Rusiti selaku keluarga Almarhum memohon doa
agar bisa mendapat mujizat dari Allah SWT untuk keselamatan Yoto Eki Setiawan. Meskipun telah dikabarkan kapal selam telah pecah menjadi tiga bagian, namun dirinya masih berharap ada mukjizat karena sampai saat ini belum ada kabar berita ditemukannya ABK kapal selam satu orang pun. Oleh karenanya kami keluarga berdoa semoga ada mukjizat dari Allah SWT,” Ucapnya.

Gugurnya Alm. Sertu Yoto Eki Setiawan juga mendapat perhatian dari Dinas Sosial Kabupaten Cilacap. Melalui perwakilannya Tingar Pratama Aji, Dinas Sosial Kabupaten Cilacap akan membantu proses bantuan sosial hingga ke Kementrian Sosial RI. Diakhir kunjungannya tersebut, Dandim 0703/Cilacap juga memberikan santunan dari Keluarga besar Kodim 0703/ Cilacap dan dari Komandan Korem 071/ Wijayakusuma yang diserahkan Letkol Inf. Andi Afandi, S.I.P kepada Ananda Devi Elisa Fajar, adik Alm. Sertu Yoto Eki Setiawan.(Urip)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.