Danlantamal II Padang Resmi Tutup TMMD ke 106 di Solsel

by -

Danlantamal II Padang Resmi Tutup TMMD ke 106 di Solsel

Semangatnews, Solsel – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 TA 2019 di wilayah Kodim 0309 Solok, ditutup secara resmi di lapangan Bidar Alam, Kecamatan Sangir Jujuan, Solok Selatan (Solsel), Kamis (31/10). Kegiatan bangun desa itu diharapkan dapat memacu kemakmuran dan kesejahteraan rakyat, khususnya di wilayah terisolir sebagai daerah sasaran program.

“Harapan ini selaras dengan tema pelaksanaan TMMD ke 106 tahun 2019 yaitu “Melalui TMMD kita wujudkan pembangunan untuk kesejahteraan rakyat”. Ini merupakan wujud pengabdian TNI bersama Kementerian dan lintas sektoral,” kata Danlantamal II Padang, Laksamana Pertama TNI Dafit Santoso saat membacakan amanat Pangdam I Bukit Barisan saat upacara penutupan tersebut.

Harapan lain lanjutnya, segala pembangunan yang telah terlaksana dalam program TMMD ke 106 itu dapat dipelihara agar bertahan lama bagi masyarakat. Serta sebut Danlantamal, dimanfaatkan sebagaimana fungsinya.

Di wilayah Kodim 0309 Solok, kegiatan TMMD sendiri dilaksanakan di Nagari Padang Limau Sundai, Solsel. Satgas TMMD beserta komponen masyarakat membangun infrastruktur pedesaan berupa pembukaan jalan baru penghubung dan kegiatan lainnya

Termasuk katanya, turut dilakukan peningkatan badan jalan, pembangunan dan rehabilitasi jembatan, rumah ibadah serta perbaikan rumah tidak layak huni dan berbagai prasarana lain untuk masyarakat. Di samping itu juga dilakukan pembangunan non fisik berupa penyuluhan bela negara, wawasan kebangsaan, pelayanan kesehatan, pertanian, pendidikan, sosialisasi pencegahan penyalahgunaan narkoba dan lainnya.

“Seluruh kegiatan pembangunan yang telah dilaksanakan itu diharapkan memberi dampak positif bagi masyarakat. Terlebih bagi generasi muda agar memiliki karakter bangsa yang mampu mendorong tumbuhnya sikap cinta tanah air, pantang menyerah serta kompetitif demi kemandirian Indonesia,” tuturnya.

Lebih jauh dipesankannya agar upaya pembagunan tidak terhenti selepas TMMD berakhir. Lewat semangat gotong royong semua pihak diminta agar terus membangun dan mengembangkan potensi desa masing-masing.

“Kepada Bupati, unsur Forkopimda dan seluruh komponen masyarakat yang terlibat dalam kelancaran kegiatan TMMD ini, terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya dari saya. Mohon maaf juga atas adanya tutur perilaku prajurit saya yang kurang berkenan di hati semua pihak selama kegiatan TMMD ini,” tutupnya.

Pada acara puncak tersebut juga diwarnai pemberian bantuan paket sembako dari Kementrian Sosial RI guna membangun masyarakat sepenuhnya. Artinya, masyarakat tidak sekedar merasakan pembangunan jalan, tetapi juga terpenuhi kebutuhan mendasar mereka.

Selain itu juga dilangsungkan penyerahan bantuan rehab rumah sebesar Rp 25 juta dari Kacab BRI solok. Rp 45 juta nilai bantuan dari PTPN VI dan pemberian piagam penghargaan pada Baznas Solsel, PT Supreme Energi, Bank Nagari Cabang Lubuk Gadang, BRI Cabang Solok, PT.SJAL dan BPSJ, PT Perkebunan Nusantara VI oleh Bupati Solsel, Muzni Zakaria.

Bupati mengatakan, keberadaan kegiatan TMMD yang diarahkan ke Nagari Padang Limau Sundai diharapkan dapat memberi motivasi pada masyarakat untuk mampu memanfaatkan potensi dan sumber dayanya dalam membangun. Sehingga katanya berdampak positif bagi pemberdayaan masyarakat dalam membangun diri dan lingkungan secara swakarsa dan swasembada.

“Semua kegiatan yang dilaksanakan di lokasi TMMD ini diharapkan bermuara pada kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat. Khususnya, masyarakat di Nagari Padang Limau Sundai dan masyarakat Solsel umumnya,” kata Muzni.

Ia juga mengapresiasi atas kerja TNI dan berbagai unsur pada TMMD di Padang Limau Sundai. Salah satu pembangunan sarana fisik adalah pembukaan jalan sepanjang 6 Km dengan lebar 10 Meter, pengerasan jalan sepanjang 2 Km, dan pemasangan gorong-gorong pada 11 titik lokasi pada ruas jalan Jorong Tanjung Durian, Nagari Padang Limau Sundai, menuju Talantan, Nagari Lubuk Ulang Aling Selatan

Senada, Tokoh masyarakat yang juga ketua Bamus Padang Limau Sundai, Azwar Salim juga berharap pemerintah dapat melanjutkan jalan Limau Sundai ke Talantam di tahun mendatang, supaya masyarakat leluasa menikmati akses jalan tersebut.

Hadir pada penutupan tersebut Kepala Staf Korem (Kasrem) 032 Wirabraja, Kolonel Inf. Edi Nurhabad dan jajaran serta beberapa Komandan Kodim, Ketua DPRD Zigo Rolanda, Kapolres Solsel AKBP Imam Yulisdianto, Dandim 0309 Solok Letkol Arh Priyo Iswahyudi selaku Dansatgas TMMD dan sejumlah tamu undangan lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.