Dari 100 Orang Kuat Ada Orang Minang Sebagai Pelopor Perfilman Indonesia

by -

Dari 100 Orang Kuat Ada Orang Minang Sebagai Pelopor Perfilman Indonesia

Padang- Alhamdulillah, saya mendapat sebuah kiriman buku dengan judul ” 100 Orang Kuat Perfilman Indonesia yang ditulis oleh seorang Wartawan yang juga budayawan Akhlis Suryapati. Buku itu saya terima Selasa sore kemarin 27/10 melalui jasa pengiriman.

Buku ini sepertinya hadiah bagi 99 anggota grup WA Warga PWI dengan Admin bung Wina Armada. Saya termasuk nomor 99, meskipun dalam list awal nomor 18. Tak apa, yang penting bukunya. Apalah arti sebutan angka

Salah satu syarat untuk mendapatkan buku itu, harus mentransfer ongkos kirim 50 ribu rupiah kepada mbak Maya Susanti. Tentu saja saya segera transfer kepada rekening mbak ini.

Terimakasih bung Akhlis Suryapati, atas sumbangan sebuah buku yang sangat berguna bagi perjalanan dunia perfilman Indonesia ke depan.
Dengan bahasa jurnalis. Akhlis sangat piawai menulis, Mudah dicerna dan tidak banyak terikat dengan penulisan sebuah karya ilmiah. Bahasanya mengalir, tidak bosan dan terkadang dengan bahasa reportase.

Pokoknya mantap, dan yang lebih mantap lagi Akhlis menempatkan Usmar Ismail yang orang minang sebagai orang pertama dari 100 yang Ia tulis.
Dari sepuluh nama yang saya lihat sudah ada 4 orang minang sebagai perintis, pelopor perfilman di Indonesia.

Ternyata orang minang tidak hanya banyak berkecimpung di dunia politik, menuju Indonesia merdeka. Sosok yang lain juga punya andil dalam dunia perjalanan film Indonesia. Mereka adalah Usmar Ismail, Djamaluddin Malik, Asrul Sani dan Rosihan Anwar.

Oleh penulis Akhlis Suryapati yang lahir di Pati, Jawa Tengah, 3 Januari 1963 dalam bukunya itu telah memperlihatkan betapa besar andil orang minang bersama yang lainnya membangun dunia perfilman Indonesia yang dimulai sejak tahun 1900 hingga sekarang.

Terima kasih Bung Akhlis, semoga karya anda menjadi salah satu referensi yang berguna bagi generasi berikutnya. Bagi yang berminat sila lacak di goegle atau toko buku lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.