DPR Tak Kritis Lagi Saat Negara di Ambang Kebangkrutan

oleh -
Direktur Center for Budget Analysis (CBA), Uchok Sky Khadafi. | istimewa

HALONUSA – Direktur Center for Budget Analysis (CBA), Uchok Sky Khadafi memperkirakan bahwa dewan akan menyetujui keinginan pemerintah Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan kebijakan peminjaman utang kembali untuk membayar bunga utang yang akan jatuh dalam waktu dekat ini.

“Anggota dewan kalau masalah utang tidak bisa diharapkan. Dewan saat ini, kerjanya jadi stempel presiden Jokowi. Dewan ini sudah tidak punya paradigma perlawanan, dan terus memberikan leluasa kepada pemerintah Jokowi berapapun dia peroleh,” kata Uchok di Jakarta, Jumat (26/8/2016).

Menurutnya, banyaknya partai yang tergabug dalam koalisi pendukung pemerintah membuat pengawasan terhadap kinerja pemerintah menurun.

“Pemerintah itu sudah tidak punya kemandirian, akan tergantung atau disandera oleh negara donor atau lembaga donor. Dan cuek saja, dengan bertambah hutang, pemerintah sedang menuju kebangkrutan,” sebut dia.

“Yang jelas, DPR kita saat ini tidak kritisi lagi seperti sudah ada kesepakatan antara DPR dengan pemerintah jangan saling menganggu, walau mengkorbankan rakyat sekalipun,” pungkas Uchok. (edt)

Sumber: Aktual.com