Dr.Zaim Rais: Bayarlah Zakat Fitra Lebih Awal Agar Bermanfaat bagi Penerima

by -

Dr.Zaim Rais: Bayarlah Zakat Fitra Lebih Awal Agar Bermanfaat bagi Penerima

SEMANGATNEWS.COM- Tak lama lagi bulan suci Ramadhan akan berakhir disambut dengan masuknya tanggal 1 Syawal 1442 H.

Sebelum katib naik mimbar ada suatu kewajiban yang harus dilaksanakan yakni membayar zakat fitra bagi umat islam tanpa kecuali.

Hanya saja kewajiban yang datang sekali dalam setahun itu, baru sebatas kewajiban. Kita jarang dan bahkan mungkin tidak pernah memikirkan lebih jauh tentang fungsi sosial dan manfaatnya.

Hal itu ditegaskan, Dr Zaim Rais, dosen fakultas Usuludin UIN Imam Bonjol tatkala memberi ceramah menjelang zuhur di Masjid Raya Sumbar, Sabtu 08/05.

Dikatakan, ada kebiasaan kita selama ini membayar zakat fitrah sehari bahkan pagi 1 Syawal disaat bergemanya suara takbir menyambut kemenangan idul fitri.

Memang ini tidak salah dan tidak melanggar hukum dalam agama islam, sebut Dokter ini. Hanya saja dari segi manfaat bagi penerima kurang tepat.
Jika uang yang kita berikan misalnya, apakah dapat mereka manfaatkan dalam membeli kebutuhan yang mereka inginkan?, sementara aktifitas pasar pada tutup.

Kebahagiaan di hari raya adalah kebahagiaan bersama. Tidak hanya milik orang kaya. Si fakir dan si miskin ingin bahagia pula merasakan nikmatnya makan daging dan baju baru. Jika pembayaran sehari atau saat jatuhnya bulan Syawal. Mereka akan kesulitan. Sehingga tujuan untuk gembira bersama tidak terwujud.

Untuk itu Dr Zaim Rais mengajak ummat islam untuk menyegerakan membayar zakat tersebut. Jangan ditunggu satu hari atau pas 1 Syawal.
Bagi pengumpul zakat, bagikanlah zakat tersebut 3 atau 2 hari menjelang lebaran. Itu akan lebih besar manfaatnya bagi mereka dalam rangka memenuhi kebutuhannya, tutup Doktor Zaim.*zln

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.