Dua Pekan Terakhir Empat Prestasi Penghargaan Berskala Nasional Untuk Tanah Datar

by -

Dua Pekan Terakhir Empat Prestasi Penghargaan Berskala Nasional Untuk Tanah Datar

Semangatnews, Tanahdatar – Prestasi cukup membanggakan dan luar biasa bagi
Pemerintah Kabupaten Tanah Datar dalam dua pekan terakhir di bulan Oktober meraih 4 (empat) prestasi penghargaan berskala nasional.

Empat Prestasi Nasional yang diberikan sebagai persembahan untuk masyarakat Kabupaten Tanah Datar, tiga di antaranya diperoleh dalam dua hari bersamaan diantaranya, Plakat WTP 5 tahun berturut-turut dari Menteri Keuangan, TPID Award dari Menko Bidang Perekonomian, Kamis 22 Oktober 2020.

Selanjutnya Penghargaan Sertifikat Proklim dari Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup sehari setelahnya dan tidak kalah membanggakan ditetapkannya Atraksi Pacu Jawi sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) milik Kabupaten Tanah Datar oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tertanggal tanggal 9 Oktober.

Bupati Tanah Datar (Pejabat Sementara) Erman Rahman mengatakan, penghargaan yang diterima merupakan hasil kerja keras Pemerintah betsama masyarakat Kabupaten Tanah Datar yang tidak henti- hentinya menuai prestasi dan penghargaan, ini merupakan marwah Tanah Datar semakin terangkat di kancah nasional sebagai daerah yang patut diperhitungkan oleh daerah-daerah lain.

Prestasi yang dipersembahkan untuk masyarakat Tanah Datar adalahsebagai wujud pencapaian visi misi mewujudkan Tanah Datar yang madani, berbudaya dan sejahtera dalam nilai-nilai Adat Basandi Syara’ Syara’ Basandi Kitabullah.

Saya, tutur Erman Rahman, sebagai penjabat sementara yang punya kewajiban mengantarkan pilkada Tanah Datar berjalan sukses dan lancar, Erman dan rangkaian prestasi tidaklah kerja instan dan individual melainkan kerjasama.

Prestasi yang dimiki yaitu buah kerja keras semua pihak dalam satu tahun terakhir. Layak kiranya kita persembahkan buat kepemimpinan Almarhum Bupati Drs. Irdinansyah Tarmizi dan Wakil Bupati Zuldafri Darma. Mari sama-sama kita do’akan menjadi amal jariyah buat beliau.

Pemerintah daerah, secara kedaerahan mengucapkan terima kasih kepada DPRD, Forkompinda, Perangkat Daerah, Wali Nagari, Perantau dan seluruh unsur masyarakat. Khusus penghargaan pacu jawi, ucapan terima kasih kepada tim khususnya Dr. (Cand) Irwan Malin Basa, M.Pd sebagai Maestro yang memperjuangkan atraksi tersebut sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WTB) milik Kabupaten Tanah Datar.

Wajar Tampa Pengecualian (WTP) yang diterima dari Menteri Keuangan sebagai daerah penerima opini WTP dari BPK RI atas pemeriksaan Laporan Keuangan Daerah lima tahun berturut-turut , semakin menunjukkan komitmen Pemerintah Kabupaten Tanah Datar meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah secara Transparan dan Akuntabel jelas Erman.

Semua orang sudah mengetahui Kabupaten Tanah Datar memperoleh opini WTP dari BPK RI Perwakilan Sumatera Barat untuk ke-9 kalinya. Opini pertama diraih pada tahun 2009 dan kembali dapat dipertahankan untuk kedelapan kalinya secara berturut-turut dari 2012, 2013, 2014, 2015, 2016, 2017, 2018 dan 2019.

Pengendalian inflasi di Tanah Datar juga mendapat apresiasi, untuk pertama kalinya Luhak Nan Tuo mendapat TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah) Award dari Menko Bidang Perekonomian.

Begitu juga Tanah Datar terpilih sebagai nominasi I Kabupaten Berprestasi Kategori Pengukuran Kinerja TPID bagi Kabupaten Non IHK (Indeks Harga Konsumen) Wilayah Sumatera. Sementara Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara sebagai juaranya dan Kabupaten Tebing Tinggi sebagai Nominasi II. Kategori Provinsi wilayah Sumatera, Sumatera Barat lah juaranya.

Tanah Datar mendapat TPID Award atas kinerja TPID dalam mengendalikan inflasi tahun 2019, di mana TPID sudah menyusun roadmap pengendalian inflasi meliputi Strategi 4K (Keterjangkauan harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi dan Komunikasi Efektif) dan program unggulan yang dilaksanakan oleh TPID telah berhasil mengendalikan inflasi. Program kerja unggulan TPID adalah GERTAK BABE DI SALIBU (Gerakan Tanam Komoditi Bawang merah, Cabe merah dan padi Salibu).

Disamping itu, Program ini dinilai berdampak strategis dalam menjaga ketersediaan pasokan bawang merah, cabe merah dan beras, selain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Tanah Datar juga kabupaten/kota lainnya, sehingga program unggulan ini berkontribusi signifikan dalam pengendalian inflasi daerah. Atas prestasi ini akan diberikan Dana Insentif Daerah.

Diterimanya Penghargaan Sertifikat Proklim Utama tahun 2020 untuk Jorong Pagu-Pagu Nagari Pandai Sikek Kecamatan X Koto dan Jorong Baringin Nagari Batu Taba Kecamatan Batipuh Selatan, sekaligus Bupati mendapatkan Penghargaan Apresiasi Pembinaan Proklim tahun 2020, dalam menetapkan kebijakan serta secara aktif melaksanakan pembinaan dan pendampingan untuk mendukung pelaksanaan Program Kampung Iklim (PROKLIM) di wilayah setempat yang menjadi kontribusi pemerintah daerah dalam upaya pengendalian perubahan iklim.

Atraksi pacu jawi peraih Juara II Atraksi Budaya Terpopuler Anugerah Pesona Indonesia dari Kementerian Pariwisata RI pada tahun 2018 dan sudah dikenal di dunia internasional, diakui sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) milik Kabupaten Tanah Datar. Ditetapkan melalui sidang pleno Tim Ahli Cagar Budaya Nasional.

Awalnya proses pengajuan ini harus dilengkapi dengan seluruh data terkait Pacu Jawi. Mulai dari sejarah, filosofi, nilai nilai serta seluruh seluk beluk Pacu Jawi dikumpulkan dan dilengkapi dengan dokumentasi foto dan video, dilakukan penelitian. Kemudian dituliskan dalam bentuk narasi serta format format yang sudah ditetapkan oleh Kemendikbud RI.

Acara Pacu Jawi ini disponsori oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar. Untuk melakukan kajian tersebut Tim Pengusul menunjuk seorang Maestro yang mengetahui seluk beluk Pacu Jawi yaitu Dr (Cand) Irwan Malin Basa, M.Pd yang merupakan dosen IAIN Batusangkar dan peneliti kebudayaan. (M. Syukur).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.