Dukung Sister City, Universitas Negeri Padang dan Universitas Ba Ria Vung Tau Siap Bekerjasama

by -

Dukung Sister City, Universitas Negeri Padang dan Universitas Ba Ria Vung Tau Siap Bekerjasama

Semangatnews, Vung Tau City, Vietnam – Wakil Rektor Universitas Ba Ria Vung Tau (UBV), Vun Van Dong, Ph.D menyampaikan penghargaan yang tinggi atas kesediaan Walikota Padang bersama delegasi untuk memenuhi undangan dari UBV.

“Undangan ini kami sampaikan untuk menjajaki kerjasama yang bisa dilakukan antara Kota Padang dengan UBV, serta dengan universitas yang ada di Kota Padang,” ujar Vun Van Dong saat menyambut kedatangan Wali Kota bersama delegasi ke UBV, Jumat (12/7/2019).

Lebih lanjut dikatakan, UBV telah memiliki reputasi dengan diperolehnya penghargaan dari Presiden Vietnam, yaitu Medali Ketenagakerjaan Ketiga pada tahun 2016. Pada momen itu pula, UBV menjadi anggota dari Nguyen Hoang Group (NHG) dan menyandang prediket sebagai korporasi swasta pertama di bidang pendidikan dan pelatihan.

“Kita mengelola sistem pelatihan mulai dari tingkat sekolah dasar sampai program doktoral. UBV fokus pada 3 disiplin ilmu; IT, Teknologi Tinggi dan ilmu-ilmu sosial,” imbuhnya lagi.

Tawaran kerjasama yang diharapkan UBV disambut baik UNP untuk meningkatkan dan mengembangkan kerjasama yang sudah terjalin selama ini dengan universitas dari berbagai negara, seperti Singapora, Malaysia, Filipina, Thailand, Australia, Belanda dan juga Amerika.

Di kesempatan itu, Kepala Kantor Hubungan International UNP, Ananda Putra, Ph.D mengatakan, saat ini UNP memiliki jumlah 14 ribu mahasiswa dari berbagai jurusan, dan menyediakan sebanyak 45 beasiswa diberbagai level pendidikan tinggi dan sudah memiliki 15 jurusan international.

“Kita juga memiliki beberapa program beasiswa yang bisa diraih undergradute, graduate , master degree dan tingkat doktoral,” ungkap Ananda yang didampingi Ketua Program Studi Fisika UNP, Syafriani, M.Si, Ph.D.

Lebih lanjut, Ananda juga menawarkan UBV untuk mengikuti Seminar Tourism and Hospitality di Kampus UNP yang akan dilaksanakan pada bulan September 2019. Dan jika memungkinkan, bisa sekaligus ditandatangani MoU antara kedua Universitas.

Sebelum pertemuan diakhiri, Wali Kota Padang Mahyeldi menambahkan, bahwa kerjasama U to U (Universitas to Universitas) ini diharapkan segera direalisasikan, apalagi Pemerintah RI yang diwakili KJRI Ho Chi Minh dibawah kepemimpinan Hanif Salim sangat mendukung dan berharap kerjasama Sister City antara Kota Padang dan Ba Ria Vung Tau sebagai satu-satunya yang ada dan aktif di Vietnam Bagian Selatan.

“Kita ingin sister city ini semakin maju dan berkembang dan dapat meningkatkan aktifitas ekonomi, perdagangan, pendidian, pertanian dan aspek lainnya di kedua wilayah,” ulas Mahyeldi.

Ikut mendampingi Wali Kota Padang di kesempatan tetsebut, Dr. Hendriwan dari Kemendagri, Yuhilda Darwis, Mailinda Rose, Dewi Susanti, (Anggota DPRD Kota Padang), Syahrul (Sekretaris DPRD Kota Padang), Erwin (Kabag Kerjasama Setda Kota Padang). (Rilis/Ulil Amri Abdi/Erwin))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.