Empat Tahun Kepemimpinan Drs. Irdinansyah & H. Zuldafri Darma, SH Banyak Mengukir Prestasi.

by -

Semangatnews, Tanahdatar – Genap Empat tahun kepemimpinan Drs. Irdinansyah Tarmizi dan H. Zuldafri Darma. SH sebagai Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar. Duet ini sudah banyak mengukir prestasi untuk Kabupaten Tanah Datar yang maju, sejahtera dan berbudaya dalam nilai ‘Adat Basandi Sarak, Sarak Basandi Kitabullah.

Hal itu tertuang dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016 – 2021 sebagai acuan pembangunan yang memiliki visi dan 5 misi dengan 24 sasaran dan indikator sasaran. Tahun 2020 ini menjadi tahun terakhir RPJMD dan dari hasil evaluasi capaiannya rata-rata 80,10 sampai 100 persen dengan 4 prioritas pembangunan.

Empat prioritas pembangunan tersebut dicanangkan yaitu peningkatan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) melalui pendidikan, Kesehatan, Pertanian, Pariwisata dan Peningkatan pelayanan publik. Peningkatan kualitas SDM dan Pendidikan disadari menjadi modal besar Luak Nan Tuo menjadi lebih maju dengan keterbatasan SDA (Sumber Daya Alam) yang dimiliki.

Bupati Tanah Datar Drs. Irdinansyah Tarmizi bersama Wakil Bupati H. Zuldafri Darma, SH mendorong anak-anak Kabupaten Tanah Datar bisa melanjutkan pendidikan sampai keperguruan tinggi tidak ada alasan keterbatasan biaya karena Pemkab bersama BAZ serta perantau turun tangan membantu beasiswa sebagai bentuk komitmen yang kuat menjaga aset masa depan daerah.

Disamping itu dibidang sektor pertanian sebagai penyumbang PDRB terbesar lebih dari 30 %, pemerintan daerah berupaya terus menggenjot hasil produksi pertanian yang akan meningkatkan pendapatan petani melalui intensifikasi, inovasi dan pemberantasan hama tanaman yang menjadi solusi peningkatan produksi padi.

Pemda juga terus mengembangkan pariwisata yang merupakan sektor unggulan di Tanah Datar melebihi target kunjungan dari 1,2 jutam realisasi 1,28 juta tahun 2019. Sektor pelayanan publik mendapat perhatian khusus dari duet Irdinansyah-Zuldafri Darma dan pemerintah pusat pun menganjar dengan penghargaan kepatuan terhadap standar pelayanan publik.

Acara syukuran Senin 17/2-2020 Bupati Irdinansyah mengatakan, pembangunan fisik dan non fisik harus sejalan dengan baik. Tanah Datar dijadikan Kabupaten Tahfiz dibuktikan sudah 174 rumah tahfis dari awal hanya 6 rumah tahfiz. Program magrib mengaji, memperindah Batusangkar, pembangunan trotoar, taman-taman sepanjang jalan, rehab pasar Batusangkar, pasar Nagari, rehab rumah tidak layak huni, serta revitalisasi lapangan cindua mato. Prestasi dari pusat dan propinsi 124 prestasi, Wahana Tata Nugraha, Piala Adipura, WTP, juara umum tingkat nasional MTQ propinsi. Sambutan Tokoh masyarakat diwakili Khairul Jasmi. (M. Syukur).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.