Forum Komunikasi Kepala Sekolah SMK Swasta Sumbar Dikukuhkan. Wagub Sumbar: Peluang dan Kebutuhan Lulusan SMK Meningkat

by -
Forum Komunikasi Kepala Sekolah SMK Swasta Sumbar Dikukuhkan

SEMANGATNEWS.COM, PADANG – Forum Komunikasi Kepala Sekolah (FKKS) SMK Swasta Sumatera Barat mengukuhkan Kepengurusan baru masa bakti 2022-2026 di Padang, Jum’at (13/1/2023). Dilantik sebagai Ketua Umum FKKS SMK Swasta Sumbar, yaitu Kepala SMKS Pembina Bangsa Bukittinggi, Ir. Zardoni.

FKKS SMK Swasta sebelumnya vakum cukup lama akibat peralihan kewenangan pengelolaan SMA/SMK dari pemerintah provinsi ke pemerintah Kabupaten/Kota. Setelah ke kewenangan SMA/SMK dikembalikan pada pemerintah provinsi di tahun 2017, FKKS SMK Swasta mulai dibentuk kembali.

Kehadiran kembali FKKS SMK Swasta disambut baik oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, sebagai bagian dari katalisator transformasi pendidikan vokasi, yang bertujuan untuk semakin memperluas akses pendidikan vokasi di Sumbar.

Hadir dalam pengukuhan, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy menyebut, transformasi SMK dan pendidikan vokasi di Indonesia berlangsung dengan pesat. Hal ini disebabkan kebutuhan terhadap tenaga kerja yang spesifik dan sesuai dengan tuntutan dunia industri maupun dunia usaha semakin meningkat.

“Sekarang SMK sudah mulai jadi idola, banyak orangtua ingin menyekolahkan anak-anaknya di SMK,” kata Wagub.

Hal ini juga terlihat dengan mulai dibukanya sekolah-sekolah vokasi di perguruan tinggi untuk mengikuti perkembangan dan kebutuhan zaman tersebut. Dimulai dari SMK kemudian ke perguruan tinggi.

“Semakin kesini semakin dibutuhkan. Artinya peluangnya akan selalu ada karena kebutuhannya riil,” terang Wagub.

SMK Swasta di Sumatera Barat menurut Wagub Audy juga tidak kalah jika dibandingkan SMK Negeri. Banyak inovasi-inovasi yang sudah yang lahir dari SMK Swasta ataupun negeri di Sumatera Barat.

Meski pada dasarnya SMK merupakan sekolah yang fokus dalam melatih hard skill, Wagub mengingatkan agar SMK tidak lupa melatih soft skill para pelajar. Menurutnya Soft skill nantinya akan menentukan kesuksesan dan membuka akses-akses pengembangan hard skill para siswa selepas lulus dari SMK.

Sementara itu Zardoni yang baru saja dilantik menyampaikan, pihaknya berharap FKKS SMK Swasta dapat menjadi partner yang turut terlibat bersama pemerintah untuk memajukan pendidikan di Sumatera Barat, khususnya dalam pengembangan program-program pendidikan vokasi.

“Yang penting bagi kita sebagai partner dapat bersaing dengan baik dan membuat komitmen-komitmen yang bisa memajukan pendidikan di Sumatera Barat,” pungkasnya.

Selain pengukuhan Kepengurusan FKKS SMK Swasta Sumbar, pada kesempatan yang sama, FKKS juga mengukuhkan Kepengurusan FKKS SMK Swasta Kota Padang. Usai pengukuhan kegiatan dilanjutkan dengan agenda rapat kerja daerah FKKS Sumbar. (*)

Dinas Kominfotik Sumbar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.