Gerak Cepat Babinsa Kodim 0703/Cilacap Bantu Warganya Terdampak Banjir

by -

Gerak Cepat Babinsa Kodim 0703/Cilacap Bantu Warganya Terdampak Banjir

SEMANGATNEWS.COM – Curah hujan cukup tinggi mengguyur hampir seluruh wilayah kabupaten Cilacap mengakibatkan beberapa desa banjir, tanah longsor, jalan amblas dan pohon tumbang. Dua orang dinyatakan hanyut, satu belum ditemukan.

Di kecamatan Majenang, luapan Sungai Cikawung Colokan 1 menggenangi pemukiman warga dusun Purwodadi, desa Mulyadadi.

Sebanyak 85 KK atau (340) orang warga terdampak banjir dengan ketinggian 30-80 cm.

Di wilayah kecamatan Kroya, juga terjadi banjir diantaranya desa Mujur Lor, desa Mujur, desa Kedawung, desa Gentasari dan desa Sikampuh.

Begitu juga halnya di beberapa desa di wilayah kecamatan Maos dan Sampang. Air menggenangi pemukiman warga dan area persawahan. Beberapa desa diantaranya desa Mernek, desa Paketingan, desa Ketanggung dan desa Karangjati.

Di wilayah Gandrungmangu, banjir melanda Desa Kertajaya, Gandrungmangu, Wringinharjo, Bulusari, Cisumur dan Desa Layansari dengan ketinggian mencapai 50-100 cm. Juga tanah longsor yang terjadi di Desa Kertajaya, Karanggitung dan Desa Karanganyar.

Akibat kejadian tersebut, 2 orang warga RT 4/1 Dusun Mangunjaya Desa Kertajaya hanyut dan satu orang belum di ketemukan. Selain itu juga 3 rumah warganya tertimpa tanah longsor.

Sementara itu tanah amblas terjadi di desa Jambusati Kecamatan Jeruklegi tepatnya di jalan arah Perkebunan Kaliminggir RT 01 RW 04 Desa Jambusari.

Terkait kejadian tersebut, Babinsa jajaran Kodim 0703/Cilacap telah bergerak cepat melakukan aksi tanggap bencana, melakukan pendataan dan pengecekan baik personil maupun materil serta memantau perkembangan wilayah dan selanjutnya bersama instansi terkait segera melakukan tindakan penanganan lebih lanjut.

Beberapa langkah yang dilakukan diantaranya mengevakuasi warga ke tempat tempat penampungan sementara yang lebih aman, menyingkirkan timbunan tanah longsor, membersihkan sampah di saluran irigasi, memotong dan menyingkirkan pohon tumbang yang menimpa rumah warga, dan memasang rambu rambu pada jalan yang amblas maupun longsor.

Saat ini, kita bersama dinas instansi terkait lainnya melakukan evakuasi warga yang terdampak banjir ke tempat pengungsian yang lebih aman seperti di MI Muhammadiyah Karag dan MI Darwata Tegalanyar serta tanggul Sungai Tipar.

Kita juga menghimbau warga untuk tetap waspada terhadap perkembangan situasi yang ada. Kita berharap semoga hari ini tidak turun hujan sehingga debit air yang menggenangi pemukiman warga tidak makin tinggi.” tutur Sertu Ngadirin, Babinsa Gentasari Koramil 03/Kroya.(Urip)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.