Gubernur Lantik Kepala BKKBN Sumbar, Etna Estelita Pulang Kampung

by -

Semangatnews, Padang — Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno melantik Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sumbar, Ir. Etna Estelita, M.Si menggantikan H. Syahruddin, SH, M.Si di Auditorium gubernuran, Padang (13/1/2020).

Pelantikan ini berdasarkan keputusan kepala BKKBN nomor 005/KP.05.01/peg/2020 Tanggal 06 Januari 2020.

Hadir sebagai saksi pada kesempatan ini dari Sestama BKKBN H. Nofrijal, SP, MA dan saksi kedua dari Kepala Dinas PPKBKPS Irwan, S.Sos, MM dan dihadiri oleh Forkopimda Sumbar, Kepala OPD dan ratusan pegawai BKKBN Sumbar.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, Pelantikan ini dilakukan agar tidak terjadi kekosongan terlalu lama dalam jabatan struktural tersebut, sebab secara langsung hal ini sudah pasti akan menghambat pelayanan publik.

Berdasarkan Undang undang nomor 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, BKKBN sebagai Badan Koordinasi dan Keluarga Berencana Nasional di mana di dalam pelaksanaan programnya menjadi tiga yaitu Program Kependudukan, Program Keluarga Berencana, dan Program Pembangunan Keluarga.

“Saya mengharapkan agar ketiga program ini dapat disinergikan dengan program program dalam RPJMD Provinsi Sumbar sehingga kedepannya kualitas masyarakat dapat lebih meningkat,” kata gubernur Sumbar.

Hendaknya pelantikan ini merupakan titik balik untuk merefleksi diri dan mengingatkan kembali tentang arti pentingnya BKKBN sebagai institusi yang membangun dan mempersiapkan keluarga sebagai wahana persemaian nilai-nilai luhur budaya bangsa.

“Dulunya waktu pertama saya masuk jadi gubernur tingkat KB kita saat itu urutan yang paling bawah yaitu nomor 33, karena waktu itu provinsi di Indonesia ada 33. Tentunya ini membuat saya berpikir keras, bagaimana agar Sumbar tidak lagi urutan terakhir. Namun akhirnya terus naik, hingga saat ini, Sumbar menjadi urutan 5 besar,” ucap Irwan senang.

Tidak bisa dibantah, upaya mewujudkan keluarga sejahtera merupakan langkah penting untuk menghadirkan sumber daya manusia yang berkualitas di masa depan.

Salah satu program penting untuk mewujudkan keluarga harapan itu adalah menjalankan program keluarga berencana dengan baik, sebab fakta membuktikan kalau kesuksesan Program Keluarga Berencana berbanding lurus dengan kualitas Sumber Daya Manusia dan kesejahteraan keluarga.

Sebaiknya, Progam Keluarga Berencana yang gagal akan berdampak negatif bagi kesejahteraan keluarga.

“Kita ucapkan selamat atas dilantiknya Saudara Ir. Etna Estelita, M.Si sebagai kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumbar, semoga dapat melaksanakan tugas dalam memajukan masyarakat Sumbar. Selamat bertugas kembali di kampung halaman, pasti akan banyak dapat tantangan dan kemajuan, semangat bekerja,” ucap Irwan Prayitno. (nov/smgt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.