Gubernur Mahyeldi Berharap Kerjasama Semakin Baik Dengan BPK

by -
Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Sumatera Barat (BPK Sumbar) menggelar serah terima jabatan Kepala BPK Sumbar, Jumat (23/9) di Auditorium Lantai 4 Kantor BPK Wilayah Sumbar

PADANG, SEMANGATNEWS.COM – Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Sumatera Barat (BPK Sumbar) menggelar serah terima jabatan Kepala BPK Sumbar, Jumat (23/9) di Auditorium Lantai 4 Kantor BPK Wilayah Sumbar, Jl. Khatib Sulaiman, Padang.

Kepala Perwakilan sebelumnya Yusnadewi yang sekarang dilantik sebagai Kepala BPK Perwakilan Wilayah Lampung digantikan Arif Agus yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Perwakilan BPK RI Jawa Barat. Pergantian Kepala BPK Perwakilan Sumbar tersebut berdasar Surat Keputusan Sekretaris Jenderal BPK RI No.235/K/X-X.3/08/2022.

Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi, mengucapkan selamat atas terpilihnya Arif Agus sebagai Kepala Perwakilan BPK Wilayah Sumbar. Buya Mahyeldi berharap proses kerjasama pelaporan keuangan di pemerintah provinsi dengan BPK Sumbar akan semakin baik lagi.

“Terima kasih Bu Yusnadewi berkat bimbingan dan arahannya Pemprov Sumbar meraih penghargaan dari Menteri Keuangan, Sri Mulyani,” katanya.

Ia menambahkan, Pemerintah Provinsi Sumbar menerima penghargaan atas capaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sepuluh kali secara berturut-turut pada acara puncak Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2022. Kota Padang, Kota Bukittinggi, Kota Solok yang meraih opini WTP sembilan kali berturut-turut.

“Di Sumbar terjadi peningkatan laporan keuangan, semoga di tahun yang akan datang akan lebih baik lagi. Semoga catatan catatan laporan keuangannya semakin sedikit,” ujarnya.

Sementara itu, Auditor Utama Keuangan Negara Wilayah V BPK RI, Doni Santosa menyampaikan serah terima jabatan memiliki arti penting, yaitu menjaga kontinuitas pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi, serta menjalin komunikasi, membangun sinergi, serta juga meningkatkan koordinasi dengan seluruh stakeholder dan mitra kerja sama BPK Sumbar.

“Kegiatan promosi dan rotasi serta mutasi merupakan upaya yang selalu dilakukan dalam rangka menjaga serta juga membangun budaya organisasi BPK yang berlandaskan pada nilai-nilai dasar independensi, integritas, dan profesionalisme,” paparnya.

Ia juga menambahkan, capaian kinerja yang harus dilakukan Pemprov Sumbar pada pemeriksaan semester II tahun 2022 yaitu kinerja atas pengelolaan sampah pada Kota Solok, kinerja atas penyediaan air minum dan sanitasi pada Kota Pariaman – tematik, kinerja atas efektivitas pembangunan infrastruktur pada Kabupatan Pesisir Selatan.

“Kepala BPK Sumbar yang baru diharapkan mampu memperkokoh keberadaan BPK di Provinsi Sumbar dan membina komunikasi yang baik dengan pemerintah daerah di wilayah Sumbar serta memberikan kontribusi nyata dalam mewujudkan tata kelola keuangan daerah yang lebih baik, transparan, dan akuntabel,” tutupnya.

Diskominfotik Sumbar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.