Gubernur Mahyeldi : Masjid dan Pesantren Perkuat ABS-SBK

by -

SEMANGATNEWS.COM – Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi menilai pendirian Masjid Al Ahmad dan Cupak Islamic Boarding School di Nagari Cupak Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok akan memberikan penguatan falsafah Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK).

“Pembangunan masjid dan lembaga pendidikan yang representatif ini bernilai strategis dan sesuai serta relevan dengan RPJMD Sumbar 2021-2026 yaitu penguatan ABS-SBK,” kata Gubernur saat meresmikan Mesjid Al Ahmad dan Peletakan Batu Pertama Gedung A Cupak Islamic Boarding School di Apalamo Nagari Cupak Kabupaten Solok, Jumat (8/10/2021).

Gubernur mengatakan Nagari Cupak telah dikenal sebagai nagari yang mengamalkan nilai-nilai keagamaan yang kental. Karena itu pembangunan masjid dan pesantren sangat relevan untuk memberikan penguatan kualitas SDM masyarakat.

Ke depan ia meminta semua pihak untuk bersama-sama membantu agar masjid dan pesantren tersebut bisa berdiri dengan cepat sehingga memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Donatur, perantau dan pemerintah daerah harus ikut aktif untuk merampungkan pembangunannya,” katanya.
Kakanwil Kemenag Wilayah Sumbar yg diwakili Kabid Pendidikan Islam mengatakan untuk mendirikan pesantren ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sesuai UU nomor 18 tahun 2019. Syarat itu diantaranya ada kyai, santri, pondok atau asrama, kegiatan pelajaran dan kajian kitap kuning.

“Syarat itu diharapkan bisa dilengkapi untuk pengajuan permohonan pendirian pesantren,” katanya.

Bupati Solok yang di wakili Staf Ahli Muliadi Marcos SE. MM mengatakan pihaknya siap membantu pembangunan masjid dan pesantren itu agar bisa berstandar internasional.

“Kita siap membantu penyiapan administrasi syarat permohonan pendirian pesantren agar tidak menjadi kendala ke depan,” katanya.

Wali Nagari Cupak Fahmi Bahar mengatakan rencana pembangunan sebenarnya sudah mulai digagas 2004 namun baru sekarang bisa dilaksanakan karena ada keluarga yang mewakaqkan tanah pada Nagari.

“Kita sangat berterima kasih atas semua bantuan sehingga pembangunan bisa dilakukan,” punkasnya.

Ikut hadir dalam kegiatan itu Anggota DPRD Kab. Solok Nazar Bakri, Ketua Umum DPP Ikatan Keluarga Cupak Asrizal SH, dan Camat Gunung Talang.

BIRO ADPIM SETDAPROV SUMBAR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.