Gubernur Sumbar Lantik 156 Kepala Sekolah SMAN dan SMKN.

by -

Semangatnews,Padang-Pelantikan Kepala SMAN dan SMKN oleh Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno digelar di audiotorium Gubernuran Sumatera Barat, Jumat (21/12/2018).

Hadir dalam kegiatan ini, Kepala BKDSDM, Drs. Burhasman MM, Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, para pejabat eselon III dan IV dilingkungan Dinas Pendidikan, Calon kepala SMAN dan SMKN se Sumatera Barat.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyampaikan, ada beberapa alasan pelantikan kepala sekolah hari ini dikarenakan ada yang memasuki usia pensiun, meninggal, ada sekolah baru dan ada yang mundur diri.

Pelantikan ini juga akan dilakukan pada tahan kedua tanggal 4 Januari 2019 akan dilantik 113 orang lagi karena saat ini belum mencukupi sarat. Satu saja syarat belum cukup untuk administrasi, tidak akan dilantik.

“Saat ini uang sudah tersedot 1 triliun APBD Sumbar untuk biaya pendidikan, operasional dll, sementara APBD kita sangat terbatas sesuai dengan UU 32 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah keberadaan SMA dan SMK menjadi kewenangan provinsi,” ujar Irwan Prayitno.

Gubernur juga menyampaikan saat ini ada penambahan 13 ribu pegawai, aset gedung, dll. Jika para guru berkeinginan masuk ke struktural, mesti dengan tes kompetensi.

Kebijakan saat ini tidak mengenal sekolah gratis, tapi yang miskin wajib kita bantu. Dan yang sekolah pakai mobil, harus bayar. Sebab tidak ada sekolah yang bisa unggul kalau sekolah gratis. Sebab banyak program sekolah yang butuh uang untuk meningkatkan kualitas anak didik.

Sementara dalam APBD Sumbar saat ini yang ditanggung, tenaga honorer resmi hanya untuk tiga kegiatan, Costumer Servis, Sopir, dan penjaga malam.

“Kegiatan Pelantikan 4 Januari 2019 wajib dilantik agar bisa beranjak ke program lainnya. Dan persoalan pola pendidikan full day school, one day school nanti akan dibicarakan secara bertahap,” ungkap Irwan Prayitno.

Kepada dinas Pendidikan Sumbar Drs. H. Burhasman Bur, MM, juga menyampaikan, dulu dilantik walikota, sekarang dilantik gubernur karena berubah kewajiban. Pelantikan Kepala Sekolah SMAN, SMKN seluruhnya sebanyak 372 orang.

Tahap 1 dilantik 103 orang hari ini tahap 2 sebanyak 156 orang, tahap 3 sebanyak 113 orang, pelantikan dan pengambilan sumpah para kepala sekolah ini didahului dengan seleksi tes kompetensi yang diikuti kepala sekolah yang sudah menjabat 2 periode di sekolah yang sama dan guru promosi.

“Para Kepala Sekolah harus sadar orang tua metitipkan putranya di sekolah untuk merajut masa depannya, untuk itu harus istiqomah dalam mendidik,” ajaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.