Gubernur Sumbar : Mendonorkan Darah Berarti Meremajakan Darah Untuk Sehat

0

Semangatnews, Padang – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sangat mengapresiasi Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Padang yang telah memberikan penghargaan kepada warga masyarakat yang secara rutin mendonorkan darahnya demi kepentingan kemanusiaan. Dan kita berharap bagi para pendonor lebih giat lagi mendonorkan darahnya agar persedian darah di Sumbar, tidak akan kekurangan darah bagi yang membutuhkan.

Hal ini disampaikan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno pada menyerahkan piagam penghargaan dan pin emas kepada para pendonor darah yang telah melakukan donor darah sebanyak 100, 75, 50, 25 dan 10 golongan darah A, B, AB dan O di Auditorium Gubernuran, Rabu (13/2/2019) yang dihadiri lebih dari 600 orang pendonor darah di Sumbar.

Penyerahan Satya Lencana Kebaktian Sosial Donor Darah merupakan apresiasi yang sangat luar biasa bagi para pendonor darah suka rela dan instansi penggerak donor darah, inilah nilai kemanusiaan yang sangat tinggi, amal yang besar bagi pendonor darah, kata Gubernur saat membuka acara penyerahan penghargaan Satya Lencana.

Selanjutnya gubernur juga menyampaikan, bahwa pemberian penghargaan ini bukanlah suatu hadiah tetapi merupakan salah satu upaya PMI untuk memotivasi pendonor darah lainnya untuk lebih berkelanjutan menyumbangkan darahnya.

“Dengan mendonorkan darah baik bagi kita sendiri, karena ada peremajaan bagi darah kita dan selain itu bermanfaat bagi orang yang membutuhkan, bisa menyembuhkan orang sakit,” kata gubernur.

Sebagai penutup Gubernur mengucapkan selamat bagi yang mendapatkan pin emas ataupun Piagam Penghargaan dan jangan sampai berhenti setelah mendapatkannya dengan mendonorkan darah banyak orang yang terselamatkan.

Sebelumnya Direktur Unit Donor Darah UDD Kota Padang Dr. Widyarman selaku ketua pelaksana melaporkan bahwa stok darah di PMI Kota Padang saat ini bisa dikatakan terpenuhi, karena dari total 100 kantong yang dibutuhkan setiap harinya sekarang sudah mencapai 200 kantong per hari, ini membuktikan banyak kepedulian masyarakat untuk menjadi pendonor darah. Apalagi beberapa instansi sudah banyak peduli terhadap donor darah ini.

Selain penyerahan piagam penghargaan donor darah kepada dari 600 dari 1078 orang yang secara rutin melakukan darah mulai dari 100, 75, 50, 25 dan 10 kali serta Penyerahan Pin Satya Lencana Kebaktian Sosial kepada Pendonor Sukarela 100 kali , gubernur juga menyerahkan penghargaan kepada 33 Instansi sebagai penggerak donor darah sukarela.

Selain itu Widyatma juga menambahkan dalam laporanya menyampaikan, dalam penyerahan penghargaan ini masih ada juga penghargaan dari pemerintah Kota Padang yaitu paket umbroh bagi pendonor darah yang mencapai 100 kali.

“Hadiah merupakan sebagai penarik lebih banyak lagi pendonor. Ia berharap para pendonor akan merasa dihargai dengan penghargaan yang diterima,” kata Widyatma

Kemudian, ditambahkan Dr. Widyatma, kegiatan ini melibatkan lebih dari 1078 orang pendonor yang ada di Kota Padang dan Sumbar, dengan bekerjasama dalam mengadakan acara donor darah bersama Instansi-instansi lain, berharap pasokan darah di PMI terus terjaga. (nov)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.