Hadir Dalam Pembukan Festival Anak Nagari Koto Gadang, Reido Deskumar : Kita Bangga

by -
Festival Anak Nagari Koto Gadang

SEMANGATNEWS.COM, AGAM – Pemuda pemudi anak nagari Koto Gadang kembali menggelar kegiatan FESTA Koga Jilid II yang bertempat di halaman kantor Walinagari Koto Gadang, Kecamatan Tanjung Raya, Agam. (21/1/2023).

Kegiatan FESTA yang disingkat Festival Seni Tradisional Koto Gadang ini merupakan agenda tahun ke dua yang menjadi ikon seni budaya bagi nagari Kota Gadang. Pelaksanaannya di mulai 21 Januari 2023 sampai 23 Januari 2023.

Pembukaan acara FESTA Koto Gadang begitu sangat meriah. Masyarakat tumpah ruah hadir berkunjung untuk menyaksikan acara ini. Pengunjung yang berdatangan tidak hanya datang dari masyarakat Koto Gadang, tapi juga dari nagari-nagari lain.

Selain masyarakat nagari, kegiatan festival seni ini juga mendapat apresiasi dari jajaran pejabat setempat. Tampak hadir dalam FESTA II ini, Wakil Bupati Agam Irwan Fikri, Camat Tanjung Raya, Polsek Tanjung Raya, Wali Nagari Koto Gadang, KAN Koto Gadang, Bamus Koto Gadang, serta tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Salah satu tamu undangan, Reido Deskumar mengatakan bahwa beliau sangat bangga dengan adanya kegiatan FESTA ini.

“Sebagai putra asli Tanjung Raya saya merasa bangga dengan adanya kegiatan FESTA ini. Bagaimana nilai-nilai seni budaya dilestarikan dengan kolaborasi anak nagari beserta semua unsur elemen masyarakat nagari,” katanya.

Reido yang saat ini tengah konsen dalam pengembangan seni budaya nagari melihat kegiatan ini perlu dipertahankan karena memiliki nilai-nilai edukasi secara langsung ke masyarakat.

“Kegiatan seperti ini sangat mahal nilainya. Maka perlu dipertahankan dan dilanjutkan agar seni budaya minangkabau tetap hidup dan melekat di hati masyarakat,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.