Hadiri Kenduri di Pelangai Gadang, Syafrizal Ucok Dapat Dukungan Menuju DPRD Sumbar

by -

Hadiri Kenduri di Pelangai Gadang, Syafrizal Ucok Dapat Dukungan Menuju DPRD Sumbar

SEMANGATNEWS.COM-Ketika menghadiri doa bersama yang disebut dengan Kenduri Mamak di Surau Kampuang Palangai, Nagari Palangai Gadang, Kecamatan Ranah Pesisir hari Sabtu (18/3/2023), Drs. Syafrizal Ucok, MM Datuak Nan Batuah mendapat dukungan untuk maju ke DPRD Sumbar pada Pemilu 2024 mendatang.

“Kami keluarga besar Kaum Kampai Bendang dibawah Payung Panji Martius Datuak Bandaro Bendang mendukung dan mendoakan semoga Pak Datuak Nan Batuah berhasil menjadi Anggota DPRD Sumbar pada Pemilu tahun 2024 dan memperjuangkan pembangunan di Pelangai khususnya dan Pesisir Selatan umumnya,” kata Martius Datuak Bandaro Bendang, yang disambut dengan ucapan “Amin…” oleh ratusan anak kemenakannya.

Acara Kenduri Mamak ini dilaksanakan setiap tahun oleh Kaum Suku Kampai Bendang Palangai dibawah Payung Panji Martius Datuak Bandaro Bendang, dihadiri pula Pucuk Bulek Kampai Ampek Paruik Nagari Palangai Kardi Datuak Saridano, Ninik Mamak Datuak Manjo Dirajo, Wali Nagari Palangai Gadang, Anak Kemanakan dan Bundo Kanduang.

Menurut Martius Datuak Bandaro Bendang, sosok Syafrizal Ucok sebagai salah satu putra terbaik Pesisir Selatan sudah saatnya menjadi Anggota DPRD Sumbar dan memperjuangkan pembangunan Pesisir Selatan khususnya di bidang infrastruktur, SDM nagari dan pemberdayaan lembaga adat.

“Dulu kita kenal adanya bantuan provinsi untuk para Wali Nagari, namun sekarang tidak ada lagi, juga diharapkan ada bantuan untuk LKAAM kecamatan dan KAN. Ini semua tentu membutuhkan perjuangan dari wakil-wakil kita di DPRD Sumbar dan kita harapkan nanti perjuangan Pak Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah,” harap Martius Datuak Bandaro Bendang.

Disamping itu sungai-sungai yang ada di Pesisir Selatan setiap musim hujan selalu memberi ancaman banjir kepada lahan pertanian dan perumahan masyarakat. Besar harapan masyarakat adanya normalisasi sungai-sungai ini dilakukan secara bertahap oleh pemerintah provinsi tentunya melalui penganggaran di DPRD.

Bak gayung bersambut, Syafrizal Ucok MM Datuak Nan Batuah mengaku terpanggil untuk mencalonkan diri menjadi Anggota DPRD Sumbar ini karena ingin mengabdi kepada kampung halaman. “Saya baru saja pensiun dari Pemprov Sumbar, tapi karena banyaknya harapan dan dukungan dari masyarakat yang meminta berjuang ditingkat provinsi, makanya saya melangkahkan dengan ucapan Bismillahirrahmanirrahim,” ujar Syafrizal Ucok yang maju sebagai Caleg Partai Golkar.

Dukungan yang mengalir dari Ninik Mamak, Bundo Kanduang dan masyarakat petani di Pesisir Selatan membuat Syafrizal Ucok terharu. Bagi dirinya ini adalah amanah yang harus diperjuangkan. “Saya akan berjuang sekuat tenaga, dan dukungan dari Kaum Kampai Bendang Palangai ini makin menambah semangat saya,” kata Syafrizal Ucok, Wakil Bupati Pesisir Selatan periode 2005-2010 ini.

Kemudian, sebagai Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Pesisir Selatan, Syafrizal Ucok MM Datuak Nan Batuah tidak lupa mensosialisasikan tentang Restorative Justice yaitu penyelesaian perkara hukum diluar pengadilan dan Ranperda Tanah Ulayat yang sekarang masih dalam pembahasan oleh DPRD Sumbar.

“Adanya Restorative Justice ini, marwah Ninik Mamak akan terangkat kembali dan aparat hukum akan terbantu. Perdamaian perkara antara pelaku dan korban yang dilakukan berbasis Ninik Mamak tentu akan menguatkan kembali nilai-nilai adat di nagari,” kata Syafrizal Ucok, yang pada kesempatan itu menyerahkan bantuan untuk Surau Palangai dan paket kitab suci Al Qur’an.

Acara Kenduri Mamak Kampai Bendang atau Doa Bersama menyambut Bulan Suci Ramadhan 1444 H ini diisi dengan Tausyiah Agama oleh Ustadz Afrizal, S.Ag.MM dari Kemenag Sumbar dan diakhiri dengan makan bersama yang merupakan masakan khas dari Bundo Kanduang Kampai Bendang. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.